≡ Menu

Cara Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data pada Android

Cara Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data pada Android

Hampir seluruh ponsel Android memiliki fitur untuk membatasi penggunaan data seluler. Hal tersebut juga berkaitan dengan mode hemat data, yang mana ketika penggunaan data telah melebihi batas pemakaian, sistem akan mengirimkan peringatan berupa notifikasi.

Tapi peringatan tersebut tidak bisa hilang begitu saja, karena itu merupakan salah satu cara untuk memberitahukan kepada pengguna bahwa ponsel telah menggunakan data seluler diluar batas. Jadi fitur ini lebih cocok dipakai ketika sedang membeli paket internet.

Sementara itu apabila kamu tidak menginginkan peringatan tersebut, sebenarnya kamu bisa menonaktifkannya melalui pengaturan. Ini sangat mudah dan pada tulisan ini akan dibagikan bagaimana cara melakukannya.

Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data di Android

Ada dua cara yang bisa kamu pilih, antara menonaktifkan fitur pembatasan data atau meningkatkan batasan tersebut. Namun menonaktifkannya jauh lebih baik supaya peringatan tersebut tidak muncul kembali suatu saat.

  1. Silakan menuju Pengaturan.
  2. Ketuk menu Koneksi.

    Ketuk Menu Koneksi

  3. Selanjutnya ketuk menu Penggunaan Data.

    Ketuk Menu Penggunaan Data

  4. Dibagian ini, silakan pilih menu Siklus Tagihan dan Peringatan Data.

    Pilih Menu Siklus Tagihan dan Peringatan Data

  5. Tahap terakhir, jangan aktifkan pada opsi Atur Peringatan Data.

    Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data di Android

Sekarang peringatan penggunaan data akan langsung menghilang dan takkan muncul lagi. Dan walaupun sebenarnya fitur ini sangat bagus untuk melindungi pulsa tersedot akibat paket internet yang telah melebihi batas, tapi kebanyakan kartu seluler sekarang selalu memberikan notifikasi apabila paket internet hampir habis.

Ditambah adanya aplikasi khusus kartu seluler, memungkinkan pengguna dapat mengontrol dan mengetahui sisa paket internet yang dimiliki tanpa harus khawatir kapan itu berakhir atau habis.

Oh iya, sebagai tambahan apabila opsi Siklus Tagihan dan Peringatan Data tidak bisa dipilih, cobalah untuk menghidupkan data seluler terlebih dahulu, pasti nantinya opsi tersebut bisa dipilih.

Baca juga: Trik Menggunakan WiFi dan Data Seluler Secara Bersamaan di Android

Kesimpulan

Pada kebanyakan ponsel Android, fitur peringatan penggunaan data ini secara default telah diaktifkan dengan batasan kuota sekitar 2GB. Jadi apabila dalam kurun waktu 1 bulan pengguna telah mencapai 2GB, maka peringatan berupa notifikasi akan muncul.

Kamu bisa menghilangkan peringatan tersebut dengan cara menonaktifkan fiturnya atau meningkatkan batasan kuota. Namun sangat disarankan untuk menonaktifkannya saja, mengingat banyak kartu seluler yang telah memiliki aplikasi resmi untuk mengontrol kuota supaya tidak sampai lupa kapan itu habis atau berakhir.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap