≡ Menu

Cara Mengetahui Nama Font pada Gambar

Cara Mengetahui Nama Font pada Gambar

Gaya tulisan atau biasa kita kenal dengan sebutan font sering digunakan hampir pada segala hal, baik itu tulisan di suatu website, logo, desain typography, dan lain sebagainya. Sekarang ini ada banyak sekali jenis font tersedia, walau kadang tampak sama, tapi nama sebenarnya terdapat perbedaan tersendiri.

Mengenali font akan lebih mudah dengan sebutan nama. Misalnya teks Arial, Calibri, Times New Roman, Sans Serif, biasa kita temukan pada Microsoft Word. Nah jika kamu penasaran terhadap nama suatu font, misalnya pada suatu gambar, hal tersebut tidak mustahil untuk diketahui.

Artikel ini akan membahas mengenai cara untuk mengetahui nama font secara mudah dan juga praktis. Yang diperlukan hanyalah sebuah gambar dengan sebuah tulisan saja. Akan lebih bagus lagi jika gambar tersebut tidak pecah atau buram.

Tutorial Mengetahui Nama Font pada Gambar

Layanan yang akan digunakan pada tutorial ini adalah Fontsquirrel. Itu adalah situs penyedia font terbesar di internet dan mereka menyediakan fitur untuk mendeteksi nama font untuk keperluan pada desainer.

Tutorial dibawah ini akan lebih mudah dilakukan melalui komputer, silakan simak dan langsung praktekkan.

  1. Buka situs web Fontsquirrel Identify Fonts.
  2. Klik tombol Upload Image dan pilih file gambar yang telah disiapkan.

    Klik Tombol Upload Image

  3. Lalu silakan soroti bagian yang berisi teks.

    Soroti Bagian Tulisan

  4. Jika sudah, klik tombol Machreate It.

    Klik Tombol Machreate It

  5. Selesai, daftar nama font yang menyerupai akan ditampilkan, silakan cari yang sesuai.

    Cara Mengetahui nama Font pada Gambar

Akan lebih mudah jika kamu sambil mem-praktekkan langsung tutorial diatas. Disana juga tersedia fitur untuk zoom gambar apabila sekiranya tulisan sangat kecil. Sebagai contoh diatas Saya mencari nama font dari sebuah tulisan Blog Second. Dan nama font tersebut ternyata adalah Eduardo Tunni.

Baca juga: Cara Menambah Font Baru pada Adobe Photoshop

Mengapa Nama Font Tidak Ditemukan?

Ketahui satu hal, fitur pendeteksi font di Fontsquirrel akan lebih maksimal jika gambar tidak buram atau pecah, dengan begitu setiap lekukan teks akan terbaca dengan baik. Dan tak hanya font gratis saja yang akan ditampilkan disana, bahkan font premium pun juga akan ditampilkan apabila memang menyerupai.

Alternatifnya apabila layanan diatas tidak berhasil mendeteksi font, silakan gunakan situs web berikut ini:

Caranya sama saja, yakni hanya perlu menyiapkan gambar yang berisi tulisan dan setelah menyeleksi bagian tulisan saja dan sistem akan mulai mendeteksi nama font yang cocok.

Mungkin ada situs lainnya yang dapat melakukan hal yang sama. Tapi sejujurnya Saya lebih menyarankan menggunakan Fontsquirrel karena menurut pengalaman Saya selama ini terbukti akurat dalam memberikan nama font sesuai gambar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment