≡ Menu

Cara Menambah Addon Secara Manual di Firefox

Addon atau pengaya yang ada di Firefox memiliki banyak sekali kegunaan dan juga menambah fitur baru terhadap browser. Contohnya seperti pengaya bernama Adblock yang mampu menghilangkan iklan pada suatu situs guna untuk mempercepat loading ketika browsing.

Pada segala browser pastinya memiliki fitur untuk menambah Addon/Ekstensi/Pengaya ini. Kebanyakan dari itu bisa dinikmati secara gratis dan dapat diunduh pada situs webstore masing-masing browwer. Jika di Firefox, kamu bisa menemukannya pada halaman Add-Ons Firefox.

Pemasangan suatu addon memang bisa dilakukan dengan mudah melalui halaman yang telah disediakan. Akan tetapi kamu juga bisa lho memasang pengaya tersebut secara manual. Pastinya hal ini lebih dikhususkan untuk melakukan testing atau sedang membuat pengaya pribadi.

Memasang Addon Secara Manual di Firefox

Pada dasarnya addon di Firefox tersimpan pada sebuah file arsip (ZIP) hanya saja diganti nama formatnya menjadi XPI. Sama halnya seperti di Chrome yang diganti nama formatnya menjadi CRX.

Jadi sebelum memulai ke langkah pemasangan, silakan siapkan terlebih dahulu file addon berformat XPI. Dan apabila itu sudah disiapkan, silakan lanjut simak caranya dibawah ini:

  1. Buka Firefox.
  2. Klik tombol strip tiga yang berada di pojok kanan atas.

    Klik Tombol Strip Tiga

  3. Kemudian klik menu Pengaya.

    Klik Menu Pengaya

  4. Setelah itu pada bagian Ekstensi, klik ikon gear (pengaturan).

    Klik Ikon Gear

  5. Dan lanjutkan memilih menu Pasang Pengaya dari Berkas.

    Memasang Pengaya Secara Manual di Firefox

  6. Sekarang cari file XPI yang telah disiapkan dan klik tombol Open.
  7. Selesai, addon akan langsung terpasang dan bisa diaktifkan.

Selama file addon tidak bermasalah, pastinya itu akan dapat terpasang dengan sempurna. Saya juga menyarankan untuk menggunakan browser Firefox versi Developer untuk lebih maksimal dalam pengelolaan atau melakukan testing terhadap suatu addon.

Baca juga: Cara Menggunakan Tamper Data di Firefox Quantum

Solusi Addon Firefox Gagal Terpasang Akibat Signature

Jadi terdapat fitur pada Firefox yang berfungsi untuk mengecek signature setiap file yang ada di dalam arsip pengaya tersebut. Jadi apabila terdapat perbedaan satu file saja, maka Firefox akan membatalkan proses pemasangannya.

Solusinya adalah mematikan fitur pengecekan signature ini. Dan untuk melakukannya pun sangat mudah. Silakan ketik terlebih dahulu perintah dibawah ini pada address bar.

about:config

Kemudian klik tombol Terima Resiko & Lanjutkan.

Setelah itu cari “xpinstall.signatures.required” atur sebagai false. Lalu cari lagi “extensions.langpacks.signatures.required” dan atur juga menjadi false.

Jika sudah dilakukan, silakan restart browser Firefox dan kemudian pasang kembali. Pasti sekarang addon dapat terpasang dengan baik tanpa ada notif kesalahan signature lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment