≡ Menu

Solusi Kode Verifikasi SMS Instagram Tidak Diterima

Solusi Kode Verifikasi SMS Instagram Tidak Diterima

Instagram memiliki sistem keamanan yang ketat layaknya pada Facebook, dimana terdapat fitur 2factor authenticator yang berfungsi untuk menambah keamanan ganda terhadap akun berupa kode verifikasi khusus. Jadi hanya pemilik akun saja yang bisa membukanya.

Kode verifikasi tersebut dikirim melalui SMS pada nomor yang telah ditambahkan pada akun. Tapi pada beberapa kasus, ada seseorang yang tidak bisa mendapatkan kode verifikasi SMS itu sehingga tak ada cara apapun untuk mengakses akun.

Kendala kode verifikasi yang tidak masuk bisa disebabkan dari tiga hal. Ini meliputi antara kesalahan sistem Instagram, terjadinya trouble pada kartu seluler, atau dari sisi ponsel. Namun kamu tidak perlu cemas, karena masalah ini masih memiliki solusi untuk mengatasinya.

Mengatasi Kode Verifikasi SMS Instagram Tidak Diterima

Beberapa solusi yang dibagikan disini dapat kamu terapkan mulai dari langkah yang pertama supaya hasilnya efektif. Itu karena penyebab dari hal ini tidak bisa diketahui secara langsung. Maka dari itu, dengan mencoba satu-per-satu memungkinkan masalah ini bisa teratasi.

1. Memastikan Kartu Seluler Tidak Bermasalah

Kejadian trouble terhadap kartu seluler memang jarang terjadi, Namun sekalinya terjadi, itu akan berdampak pada beberapa hal seperti tidak bisa menerima SMS dan juga telepon dari nomor lain. Solusinya adalah menghubungi operator kartu seluler tersebut.

Kamu bisa menghubunginya melalui akun sosial media atau lewat telepon. Pastinya mereka akan menanyakan beberapa hal terkait kendalanya seperti lokasi kejadian, jenis signal, dan lain sebagainya.

Terkadang operator akan membantu untuk membuat tiket support khusus yang akan diperbarui secara bertahap apabila kondisi kartu seluler sedang trouble (gangguan).

2. Atur Ulang Pusat Pesan dan Nonaktifkan Fitur Spam Blocker

Pusat Pesan atau biasa disebut sebagai SMSC ini memiliki peranan yang tinggi untuk menerima atau mengirimkan SMS. Jika salah mengatur sedikit saja, pesan tersebut pastinya takkan terkirim atau diterima.

Jadi silakan atur kembali nomor pusat pesan dengan benar di pengaturan perpesanan. Dan selain mengenai pusat pesan, kamu juga perlu untuk menonaktifkan fitur spam blocker apabila tersedia di ponselnya.

Fitur spam blocker memiliki tujuan untuk menghapus otomatis pesan yang dianggap berbahaya atau mengganggu, akan tetapi kode verifikasi dari Instagram pun kadang juga bisa dianggap mengganggu. Untuk itu silakan matikan sementara fitur tersebut apabila ada.

3. Kesalahan dari Sistem Instagram

Tak semua hal bisa disebabkan dari sisi kita sebagai pengguna, karena kadang Instagram pun juga pernah bermasalah, baik itu dari sisi servernya atau terdapat masalah lain yang menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Jika kendalanya memang dari pihak Instagram, maka tak ada cara lain kecuali menunggu sampai mereka membetulkannya. Sebab sebagai pengguna, kita hanya bisa menikmati fiturnya, dan tidak bisa untuk memperbaiki fiturnya.

Baca juga: Solusi Foto Tidak Muncul di Hashtag Instagram

4. Mengubah Nomor Apabila Memungkinkan

Beberapa pengguna dapat mengatasi masalah ini dengan cara mengubah nomor teleponnya. Namun opsi untuk mengubah nomor tersebut tidak selalu muncul. Tetapi jika kamu mendapati opsi tersebut tersedia, silakan langsung coba untuk menggunakan nomor telepon yang lain.

Sebagian pengguna juga bisa mengatasinya dengan memancing terlebih dahulu nomor telepon yang akan diisi. Contohnya seperti menuliskan terlebih dahulu nomor acak dengan kode negara amerika, contohnya +17071234567 dan setelah itu klik tombol kembali dan pakai nomor yang asli. Kemudian kode verifikasi pasti bisa diterima.

Cara ini mungkin sedikit tidak masuk akal, namun tak ada salahnya untuk dicoba, mengingat sebagian ada yang berhasil menggunakan trik ini.


Itu saja beberapa solusi yang dapat saya bagikan untuk mengatasi kendala kode verifikasi SMS dari Instagram yang tidak bisa diterima. Selama masalah ini tidak disebabkan oleh sistem Instagram, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk mengatasinya.

Sedangkan jika kendalanya dari sisi Instagram, maka tak ada cara lain kecuali menunggu sampai sistemnya benar-benar dibetulkan. Dan apabila kamu memiliki tambahan atau solusi lain mengenai masalah ini, sangat dipersilakan untuk membagikannya pada kolom komentar untuk membantu pengguna lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment