≡ Menu

6 Tips Memilih Mifi yang Berkualitas

6 Tips Memilih Mifi yang Berkualitas

Mifi merupakan alat yang berfungsi untuk menyebarkan koneksi internet dari kartu SIM (seluler). Memiliki kinerja layaknya hotspot yang ada di ponsel, namun lebih bagus dalam menangkap sinyal dan dapat ditaruh dimanapun karena ukurannya yang tergolong kecil.

Saat ini ada banyak sekali merk Mifi. Sebagian dari itu disediakan langsung oleh layanan kartu SIM. Dan biasanya ketika membeli produk tersebut, pengguna akan diberikan kartu SIM yang memiliki kuota bonus.

Lalu apakah semua Mifi memiliki keunggulan yang sama? Tentu saja tidak. Terdapat suatu perangkat Mifi yang memiliki perbedaan dari beberapa hal. Inilah yang membuat kamu harus pintar-pintar dalam memilih, supaya mendapatkan Mifi yang tepat dan bisa dipakai tanpa ada kendala.

Tips Memilih Mifi yang Tepat dan Berkualitas

Layaknya memilih ponsel, kamu juga harus teliti ketika hendak membeli Mifi. Beberapa hal harus dipantau, baik itu dari sisi spesifikasi, kemampuan, dan lain-lain. Pada artikel ini akan saya berikan beberapa tips supaya kamu bisa menemukan perangkat Mifi yang terbaik dan cocok untuk diguanakan sehari-hari.

1. Mendukung Banyak Kartu Seluler

Jadi ada dua jenis perangkat Mifi yang perlu kamu tahu. Yang pertama adalah versi Locked, dimana hanya kartu SIM tertentu saja yang bisa dipakai. Sebagai contohnya adalah Mifi Andromax, yang hanya bisa dipakai untuk kartu Smartfren saja.

Sedangkan itu ada pula versi Unlocked yang bisa digunakan untuk segala jenis kartu seluler. Tentunya saya lebih menyarankan versi Unlocked ini mengingat perangkat tersebut bisa diguankan segala kartu SIM. Tetapi, pastikan kamu menanyakan terlebih dahulu kepada penjual terkait kartu apa saja yang bisa digunakan.

2. Mengetahui Jenis Jaringan

Pastikan Mifi yang akan kamu beli telah mendukung jaringan 4G. Karena untuk saat ini 4G merupakan jaringan yang paling tercepat di Indonesia. Bahkan adapula perangkat yang telah mendukung jaringan 5G, namun jenis jaringan tersebut masih tidak tersedia untuk sekarang ini.

Selain itu, pastikan pula frekuensi jaringan 4G pada kartu seluler yang akan kamu pakai juga didukung oleh Mifi tersebut. Dan untuk memastikan frekuensinya, silakan unduh aplikasi sejenis LTE Discovery. Aplikasi tersebut dapat menampilkan Band atau frekuensi terhadap kartu yang digunakan pada ponsel.

3. Memilih Jenis Mifi

Perangkat Mifi banyak sekali tersedia dalam bentuk kotak atau persegi yang dapat ditaruh dimana saja, tapi selain itu adapula yang berbentuk modem yang bisa dihidupkan menggunakan kabel USB atau bahkan melalui powerbank sekalipun.

Di lain sisi, Mifi yang menggunakan baterai terkadang juga tersedia versi bypass, sehingga perangkat tersebut dapat dipakai tanpa baterai dan bisa langsung mengandalkan daya listrik saja.

Sedangkan versi modem (wingle) akan selalu membutuhkan daya listrik untuk menghidupkannya. Tapi daya listrik yang dibutuhkan pun tidak sulit untuk ditemukan. Bahkan dengan kabel OTG ponsel pun juga bisa.

4. Kecepatan Jaringan

Sebagian Mifi mampu meng-handle kecepatan jaringan hingga 150Mbps, 300Mbps, atau bahkan sampai 500Mbps. Walau di Indonesia kecepatan jaringan seluler tidak sampai setinggi itu, tapi tidak masalah juga apabila kamu memilih yang paling cepat.

Dari pengalaman saya sendiri menggunakan Mifi dengan kecepatan 500Mbps hanya bisa memakai 70Mbps saja menggunakan kartu seluler dengan kondisi signal 4G penuh. Mungkin itu bias lebih tinggi atau rendah pada wilayah tertentu.

Baca juga: Cara Jitu Mempercepat Proses Download File di Android

5. Membandingkan Fitur Dalam Mifi

Kamu mungkin telah menemukan ada banyak sekali jenis Mifi yang ingin dibeli, tapi bingung memilih salah satu dari itu. Dan hal yang menurut saya cukup penting adalah mengetahui fitur yang ada didalamnya.

Berikut ini fitur yang perlu kamu ketahui sebelum membeli Mifi:

  • Mengunci Jenis Jaringan – Misalnya dipakai hanya untuk 4G saja, supaya tidak beralih ke 3G.
  • Memanggil Kode USSD – Berguna untuk memanggil kode USSD seperti mengecek pulsa atau sebagainya.
  • Kirim dan Terima SMS – Dapat dipakai untuk mengirim atau menerima SMS.
  • Statistik Penggunaan Data – Mengetahui penggunaan kuota selama digunakan.
  • Batas Pengguna Wifi Minimal 8 Perangkat – Hal ini supaya Mifi tersebut bisa digunakan oleh banyak perangkat sekaligus.
  • Memiliki Slot Antena Eksternal – Berfungsi untuk mendapatkan sinyal lebih baik.

Fitur yang ada diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu membelinya. Jika menurut saya, fitur terpenting adalah bisa mengunci jenis jaringan, sehingga koneksi yang didapat bisa lancar dan tidak berubah-ubah.

6. Harga

Dan yang terakhir kembali pada budget yang telah kamu siapkan. Biasanya semakin tinggi harga Mifi, semakin bagus pula fitur yang didapatkan. Apabila kamu membeli secara offline, bandingkan pula harganya pada toko online, ketahui apakah harganya masuk akal atau tidak.

Sebagai saran, belilah Mifi sesuai budget yang telah kamu siapkan. Tidak perlu memaksakan untuk mendapatkan Mifi yang memiliki harga super mahal. Akan lebih bagus pula untuk melihat review yang ada di Youtube atau ulasan pada toko online untuk mengetahui kemampuan Mifi tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap