≡ Menu

Cara Mengatasi SIM Tidak Diizinkan di Samsung

Cara Mengatasi SIM Tidak Diizinkan di Samsung

Kebanyakan ponsel Android sekarang ini telah dibekali dengan dua slot SIM. Selain itu pemasangan kartu SIM yang lebih mudah tanpa perlu bongkar pasang baterai lagi, sehingga mengganti kartu SIM dapat dilakukan dengan cepat dan praktis.

Kendala yang ada pada kartu SIM biasanya adalah tidak dapat terdeteksi. Jika pada ponsel Samsung biasanya akan muncul notif “SIM Tidak Diizinkan“. Sehingga nomor tersebut tidak bisa dipakai untuk melakukan atau menerima panggilan dan SMS.

Kendala semacam itu lebih sering terjadi akibat kartu SIM tersebut sudah terblokir atau melewati batas masa aktif. Tapi selain itu juga ada kendala lainnya yang bisa menyebabkannya. Dan solusinya akan dijelaskan pada artikel ini.

Penyebab SIM Tidak Diizinkan pada Ponsel Samsung

Ada sedikitnya 4 penyebab yang membuat notif tersebut muncul dan nomor tidak bisa digunakan sama sekali. Yang pertama adalah akibat kartu SIM sudah hangus, yang kedua adalah terdapat kerusakan pada kuningan kartu SIM.

Sementara itu yang ketiga bisa disebabkan karena kerusakan pada slot kartu SIM yang ada di ponsel. Dan yang terakhir dapat disebabkan dari masalah sistem atau firmware, misalnya IMEI yang hilang secara tiba-tiba.

Solusi SIM Tidak Diizinkan pada Samsung

Solusi yang saya bagikan disini nyaris seperti eksperimen sederhana, dan hal tersebut bertujuan untuk memastikan kendala yang kamu alami saat ini.

1. Mencoba Kartu SIM di Ponsel Lain

Jadi hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencoba kartu seluler pada ponsel lain terlebih dahulu. Apakah itu dapat berfungsi sepenuhnya? Jika bisa, berarti kendala terdapat pada sisi ponsel, entah itu dari firmware atau justru dari slot kartu SIMnya.

Tapi apabila sudah dicoba pada ponsel lain juga tetap tidak bisa, maka kendalanya berada pada kartu seluler.

2. Mengecek Masa Aktif Kartu

Apabila kamu sedang menggunakan aplikasi yang disediakan operator, misalnya MyTelkomsel, AxisNet, dan sebagainya, silakan dicek masa aktif nomornya pada aplikasi tersebut. Dan apabila masa aktifnya masih ada, berarti kendalanya terdapat pada kartu SIMnya.

Untuk masalah ini, kamu bisa mengunjungi gerai operator terdekat untuk memperbaiki kartu SIM yang rusak.

Kamu juga bisa menghubungi layanan customer service sesuai kartu yang digunakan untuk mengetahui masa aktif kartu pada nomornya.

3. Akibat IMEI yang Hilang

Silakan menuju opsi dial, dan ketik *#06# maka akan muncul nomor IMEI pada ponselnya. Tetapi jika yang muncul adalah teks null, itu berarti nomor IMEI hilang dan menjadi penyebab notif SIM Tidak Diizinkan ini muncul.

Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan flash ulang terhadap ponselnya. Ada banyak tutorialnya untuk beragam tipe ponsel Samsung yang bisa dicari pada Youtube. Dan sebelum melakukannya, sangat disarankan untuk mencadangkan terlebih dahulu data penting yang tersimpan pada ponsel.

4. Akibat Slot Kartu SIM Rusak

Untuk yang satu ini merupakan masalah yang sulit untuk diperbaiki secara mandiri, mengingat masalahnya terdapat pada hardware ponsel. Jadi apabila ponsel sudah di flash ulang namun tidak membuahkan hasil, kemungkinan besar masalahnya ada pada slot SIM di ponselnya.

Saya menyarankan untuk membawanya ke Samsung Center atau tukang servis terdekat untuk dilakukan pergantian slot kartu SIM tersebut. Biaya penggantian sangat bervariasi tergantung dari tipe ponselnya. Bisa dari 50ribu sampai 200ribu.

Baca juga: Cara Mengecek Kartu SIM yang Telah Di-Registrasi

Kesimpulan

Munculnya notif SIM Tidak Diizinkan pada ponsel Samsung bisa disebabkan dari berbagai hal. Sebagian masalah yang tergolong ringan dapat diatasi secara mandiri. Saya pun lebih menyarankan untuk mengecek masa aktif terlebih dahulu, sebab terkadang pengguna lupa mengisi pulsa yang mana dapat membuat kartu tersebut hangus dan tak bisa dipakai lagi.

Apabila kamu memiliki pertanyaan atau barangkali tambahan solusi lain, sangat dipersilakan untuk membagikannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 8 comments… add one }
  • Fahrizal April 11, 2021, 3:56 am

    Halo min, samsung J5 prime saya di slot sim 1 nya tidak bisa dipakai (tidak diizinkan) padahal dengan kartu yang sama jika dipindah ke slot sim 2 bisa normal digunakan. ini berarti kemungkinan hardwarenya yang rusak ya?

    • rrobyf April 12, 2021, 1:14 pm

      Ya, sepertinya begitu gan. Untuk memastikan kendalanya dari sisi hardware, silakan coba untuk me-reset ulang ponselnya (pastikan untuk mencadangkan data penting terlebih dahulu). Jika setelah direset masih tetap sama, berarti slot kartu SIM 1 yang mengalami kerusakan.

  • Nurul Indriyanti Februari 18, 2021, 5:58 am

    Kartu xl sy gak bisa ke baca di samsung a 11 kemarin sy udah ke samsung service senter di Roxy di reset ulang trus bisa tapi baru sehari udah gak bisa lagi ilang xl nya yg ada kartu axis yg kebaca cs nya saranin sy ke xl center. Apa harus sy ke xl center? Atau gimana ? Soalnya no xl sy kepake banget. Terimakasih

    • rrobyf Februari 19, 2021, 2:50 pm

      Kemungkinan kerusakan ada pada kartu selulernya. Tapi untuk mengetahui lebih lanjut, saya sarankan untuk menghubungi layanan support XL di sosial media (Twitter atau Facebook) supaya tahu pasti terkait kendalanya.

  • Ayda Januari 21, 2021, 9:50 am

    Saya sudah 1 minggu membeli hp samsung a21s.. ada kendala di kartu sim.”SIM TIDAK DIIZINKAN”..sudah di coba pakai provider lain tetap tidak bisa. . Saya minta solusinya harus gmna

    • rrobyf Januari 23, 2021, 12:12 pm

      Silakan coba cek IMEInya pada website kemenperin, kira-kira apakah terdaftar? Untuk mengeceknya, silakan ketik *#06# pada papan panggilan.

  • Tendi Desember 24, 2020, 10:25 am

    Sim card saya tidak diizinkan di hp samssung saya, tapi di coba di hp lain bisa dan hp samsung saya menggunakan sim card lain bisa terbaca.. Itu kenapa ya??

    • rrobyf Desember 24, 2020, 11:54 am

      Saran saya coba untuk menggunakan kartu seluler lain tapi operatornya sama pada ponselnya untuk memastikan lebih lanjut. Jika tidak bisa, berarti ponselnya tidak mendukung terhadap SIM Card tersebut. Bisa jadi akibat kerusakan pada letak kartu SIM di ponselnya. Namun saya juga menyarankan untuk mencoba mereset ponsel secara penuh untuk memastikan bahwa kendalanya bukan disebabkan akibat masalah sistem.

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap