≡ Menu

Apa Itu Generator Kode dan Cara Menggunakannya di Facebook

Apa Itu Generator Kode dan Cara Menggunakannya di Facebook

Ada yang namanya Generator Kode pada aplikasi Facebook di ponsel, yang mana pada halaman tersebut menampilkan kombinasi angka yang berubah tiap waktunya. Dan kode yang ditampilkan disana sebenarnya merupakan fitur keamanan dari Facebook.

Keamanan yang diberikan Facebook terhadap setiap pengguna sebenarnya sudah sangat ketat. Karena segala aktivitas masuk selalu terekam dan pengguna akan menerima notifikasi melalui email ataupun nomor ponsel.

Sementara itu adanya Generator Kode ini, memungkinkan pengguna dapat menjaga akunnya lebih baik lagi. Jika kamu masih belum paham betul apa itu Generator Kode, berikut ini sekilas penjelasannya.

Apa Itu Generator Kode di Facebook?

Itu merupakan fitur keamanan yang berguna untuk memberikan otorisasi berupa kode supaya pengguna dapat masuk ke akunnya. Fitur ini hanya bisa digunakan apabila pengguna mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor.

Jadi tidak perlu menunggu SMS masuk dari Facebook, dan kamu dapat langsung menggunakan kode ini untuk meng-otorisasi masuk dari perangkat lain.

Sebagai contohnya, kamu sedang berada warnet dan ingin masuk ke akun Facebook. Pastinya ketika hendak masuk akan ditanyai mengenai kode autentikasi ini. Jadi kamu hanya perlu membuka ponsel dan mengecek dan menuliskan kode dari opsi Generator Kode, dan setelah itu akun Facebook akan dapat terbuka.

Cara Menggunakan Generator Kode

Apakah kamu penasaran ingin mencobanya? Kalau begitu disini akan Saya contohkan sedikit tata caranya. Tapi sebelum melakukannya, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di Facebook melalui Pengaturan > Keamanan > Autentikasi Dua Faktor.

Apabila autentikasi dua faktor telah aktif, silakan ikuti tata cara menggunakannya dibawah ini:

  1. Silakan masuk ke akun Facebook melalui perangkat lain (misalnya laptop).
  2. Pastinya akan muncul dialog yang meminta kode autentikasi.
  3. Sekarang silakan buka aplikasi Facebook di ponsel dan ketuk menu Generator Kode.
  4. Maka kode akan tampil, silakan gunakan kode tersebut untuk masuk ke akunnya.
  5. Selesai. Kini kamu berhasil masuk ke akun Facebook.

Sederhananya, kamu bisa menggunakan fitur ini sebagai alternatif apabila SMS tidak masuk atau terdapat kendala terhadap aplikasi Google Autentikasi yang dipakai. Dan bahkan kamu juga bisa membuka opsi Generator Kode meski dalam keadaan offline.

Baca juga: Tips Menghindari Checkpoint pada Akun Facebook Baru

Mengapa Kode Tidak Berfungsi?

Tak perlu khawatir apabila kode yang kamu tuliskan tidak berfungsi meski terbukti cocok. Hal ini disebabkan karena kode tersebut tidak tersinkron dengan baik. Sementara itu untuk mengatasi hal ini akan memerlukan koneksi internet.

Silakan buka fitur Generator Kode di aplikasi Facebook. Kemudian ketuk opsi Kode Saya Tidak Berfungsi. Setelah itu ikuti prosedur yang tersedia disana.

Setelah itu coba tuliskan lagi kode yang muncul pada layar. Pastinya kini sudah bisa digunakan kembali dan akan berhasil membuka akunnya dari perangkat lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment