≡ Menu

Cara Mengatur Tombol S-Pen di Samsung

S Pen atau Stylus Pen yang terdapat pada ponsel Samsung Galaxy Note, memiliki suatu tombol yang berguna sebagai remote control. Itu dapat dipakai untuk melakukan presentasi, memotret, membuka aplikasi, dan banyak hal lain lagi.

Tindakan dari tombol S Pen tersebut dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. Tentunya untuk melakukan itu, S Pen harus terhubung pada perangkat. Dan pastikan juga kamu menggunakan S Pen original dari ponselnya.

Pada artikel ini saya ingin membagikan tata cara mengatur tombol Stylus Pen tersebut. Saat ini saya sedang mengunakan Note 9 yang saya rasa itu tidak memiliki perbedaan signifikan terhadap versi Note yang lainnya, selama masih memakai One UI.

Mengatur Tombol S Pen di Samsung Note

Tanpa banyak kata lagi, berikut ini langkah-langkah untuk mengatur tombol Stylus Pen tersebut, silakan untuk disimak dengan baik.

  1. Buka Panel Notifikasi.
  2. Tekan lama pada ikon S Pen.

    Mengatur Tombol S-Pen di Samsung

  3. Dibagian ini kamu dapat mengatur tindakan dari tombol S Pen tersebut.

Kamu dapat memulainya dengan mengatur bagian Tahan Tombol Pena. Disana akan muncul banyak hal yang bisa kamu pilih ketika kamu menekan lama tombol S Pen nantinya. Sebagai contohnya seperti membuka aplikasi kamera.

Pengaturan Tahan Tombol Pena
 
Lalu dibagian bawahnya terdapat opsi “Tindakan Aplikasi” yang dikhususkan untuk suatu aplikasi yang didukung. Sebagai contohnya adalah Galeri. Jadi kamu bisa mengatur tindakan saat tombol ditekan, atau ditekan dua kali.

Pengaturan Tindakan Aplikasi di S Pen
 
Lanjut dibagian bawahnya lagi, ada opsi bernama “Tindakan Umum“. Hanya ada dua opsi saja untuk sekarang ini, yaitu mengatur kamera dan media. Kamu bisa mengubah tindakan itu dan bahkan menonaktifkannya.

Tindakan Umum pada Stylus Pen Samsung

Solusi Tidak ada Ikon S Pen di Panel Notifikasi

Sehubungan tutorial diatas dijelaskan melalui Panel Notifikasi untuk menuju bagian konfigurasi S Pen. Namun jika sekiranya di ponsel kamu ikon tersebut tidak ada, solusinya adalah mengaksesnya dari pengaturan.

Silakan menuju Pengaturan > Fitur Lanjutan > S Pen. Selama Stylus Pen telah tersambung, pastinya konfigurasinya akan langsung muncul saat kamu menuju menu tersebut.

Baca juga: Mengatasi S Pen Tidak Terhubung di Galaxy Note 9

Kesimpulan

Selain dipakai untuk mencatat atau menggambar sesuatu pada ponsel, Stylus Pen memiliki tombol yang sangat berguna untuk banyak hal. Sehingga melakukan segala hal dari jarak jauh dapat dengan mudah layaknya memiliki remote control.

Artikel ini dibuat ketika One UI masih pada versi 2.1. Jadi siapa tahu untuk versi kedepannya ada fitur baru lagi terhadap tombol ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap