≡ Menu

Tips Memilih Hosting yang Tepat untuk WordPress

Tips Memilih Hosting yang Tepat untuk WordPress

WordPress dikenal sebagai mesin website paling terbaik dari yang lainnya. Pasalnya tidak hanya situs dengan jenis blog saja yang dapat dibuat, namun pengguna juga bisa membuat toko online, portofolio, dan lain-lain menggunakan WordPress.

Untuk mempublikasikan situs WordPress ke publik, yang kamu butuhkan adalah domain dan hosting. Dan untuk pertama kalinya, kamu bisa menggunakan layanan shared hosting yang banyak tersedia di internet. Tapi beberapa dari itu memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasi yang dipilih.

Di artikel ini, saya ingin membagikan tips untuk memilih hosting yang sesuai terhadap situs WordPress yang akan kamu publikasikan. Sehingga kamu tidak sampai keliru dalam memilih paket hosting dan bisa melanjutkan mengelola dengan tenang.

Tips Memlih Hosting untuk WordPress

Beberapa hal yang dibagikan disini akan meliputi dari spesifikasi hosting yang akan digunakan tergantung dari keperluan website nantinya. Dan tips ini lebih dikhususkan untuk para pengguna yang baru saja ingin membuat situs WordPress.

1. Kapasitas Disk dan Bandwidth

Umumnya, shared hosting biasanya menyediakan disk atau ruang penyimpanan sebesar 10GB, bisa kurang atau lebih. Sementara itu untuk bandwidth atau kuota lebih tinggi dibanding disk, atau bahkan unlimited.

Kamu bisa memilih itu sesuai dari keperluan situs nantinya. Sebagai contohnya, jika kamu ingin membuat situs wallpaper atau situs yang menyimpan banyak file didalamnya, tentunya akan memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan dan juga bandwidth yang tinggi.

Sedangkan jika dipakai untuk blog pribadi, maka spesifikasi yang rendah pun tidak menjadi masalah.

2. Cek Reputasi dan Kualitas Layanan Hosting

Sebelum membeli paket hosting, sangat disarankan untuk melakukan sedikit pencarian di internet terkait reputasi serta kualitas server hosting tersebut. Karena pada beberapa kasus, terdapat hosting yang memiliki kualitas yang buruk, seperti server yang tidak stabil dan sering down.

Jadi ada baiknya untuk mengecek review dari para pelanggan terlebih dahulu sebelum membelinya. Mengantisipasi jauh lebih baik daripada kecewa nantinya.

Sebagian layanan hosting juga memberikan informasi yang terbilang transparan terkait server yang dikelola. Semacam maintenance, downtime, dan sebagainya.

3. Ketahui Kualitas dari Layanan Support

Selain dari kualitas server saja, kamu juga perlu untuk mengetahui kualitas dari layanan support atau customer service yang tersedia. Kebanyakan layanan hosting memberikan dukungan support selama 24 jam non-stop.

Karena ada beberapa hosting yang CS nya cuek terhadap pelanggan, dan hal ini yang perlu untuk dihindari.

Karena siapa tahu suatu saat situs web kamu memiliki masalah berat pada sisi server dan harus segera diperbaiki supaya tidak kehilangan pengunjung. Maka dari itu, peranan layanan support yang bijak dan ramah sangatlah dibutuhkan.

Baca juga: Cara Mengatasi Penggunaan CPU Terlalu Tinggi pada Shared Hosting

4. Mencoba Kontrol Panel yang Disediakan

Sebagian web hosting menyediakan akses (demo) terhadap kontrol panel untuk mengelola situs web nantinya. Dan kebanyakan hosting premium menggunakan cPanel yang mana memiliki navigasi yang mudah untuk mengatur berbagai hal, terkait instalasi WordPress, domain, SSL, dan lain-lain.

Kamu bisa menghubungi layanan support untuk mengakses demo kontrol panel yang mereka sediakan. Dan jika kamu rasa navigasi pada kontrol panel terasa mudah, maka tidak perlu diragukan lagi untuk membelinya.

5. Harga

Terakhir, yang perlu untuk dipertimbangkan adalah Harga. Kamu bisa memilih harga sesuai budget yang dimiliki, biasanya biaya shared hosting rata-rata adalah 50 ribu rupiah selama sebulan dengan spesifikasi yang terbilang cukup.

Sementara itu ada VPS hosting yang memiliki harga yang jauh lebih mahal dua kali lipat, akan tetapi itu sepadan karena servernya tidak dibagi dan hanya untuk website yang kamu kelola saja.

Sebagian layanan hosting kadang memberikan promo untuk tahun pertama, pastinya harganya akan jauh lebih murah dibanding membayar tiap bulan sekali.

Kesimpulan

Membuat situs WordPress itu mudah, namun memilih server hosting yang tepat itu sedikit sulit. Selain dilihat dari spesifikasi saja, kamu juga harus memandang dari beberapa hal yang saya bagikan diatas supaya tidak kecewa nantinya.

Mungkin saja kamu memiliki tips lainnya yang ingin dibagikan kepada semua orang, sangat dipersilakan untuk membagikannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap