≡ Menu

Cara Mengatasi Layar Burn In Singkat pada Laptop

Cara Mengatasi Layar Burn In Singkat pada Laptop

Burn In atau ghosting pada layar laptop merupakan hal yang mempengaruhi kenyamanan dalam penggunaan. Biasanya ini terjadi akibat layar tidak berubah tampilan dalam waktu yang lama, sehingga beberapa piksel mengalami stuck dan tidak mau berubah.

Kejadian ini biasanya sering dialami pada tipe layar AMOLED, tapi pada dasarnya juga dapat terjadi pada layar LCD sekalipun. Dan kendala ini juga masih dapat diatasi selama itu tidak terlalu parah.

Kasus yang tergolong ringan adalah “burn in singkat”. Dimana piksel yang macet tersebut akan hilang dalam kurun waktu beberapa menit saja. Hal ini masih dapat diatasi dan dicegah supaya hal tersebut tidak terjadi lagi.

Mengatasi Layar Burn In Singkat di Laptop

Ada sedikit langkah untuk mengatasinya. Walaupun pada dasarnya burn in singkat hanya berlangsung beberapa menit saja, namun kamu juga dapat mempercepatnya supaya piksel yang macet tersebut cepat menghilang.

1. Masuk Mode Sleep untuk Beberapa Saat

Kamu hanya perlu masuk ke mode sleep saja dan menunggu sekejap sampai piksel yang macet tersebut hilang. Kamu takkan tahu kapan itu akan menghilang, tapi saya sarankan untuk menunggu selama beberapa menit.

Dibanding membiarkan layar menyala, justru ini lebih cepat dan juga aman dalam mengatasinya. Dan selain cara ini, kamu juga bisa langsung mematikan laptopnya untuk sesaat, akan tetapi masuk ke mode sleep saja sebeanrnya sudah cukup.

Pada beberapa laptop, masuk ke mode sleep bisa dengan cara menekan tombol FN+F4. Tapi jika tidak bisa, silakan lakukan secara manual dari opsi START > POWER > Sleep.

2. Putar Video Stuck Pixel Fixer

Stuck Pixel Fixer adalah suatu video yang menampilkan warna yang berbeda-beda secara cepat. Berguna untuk membuat layar memperbarui piksel yang macet. Banyak sekali video ini di Youtube, dan kamu dapat memilihnya salah satu.

Putar video tersebut selama beberapa menit dalam keadaan fullscreen. Nantinya piksel yang macet akan hilang dengan sendirinya.

Untuk layar burn in yang tergolong singkat, cara ini pastilah berhasil. Sementara itu jika kendalanya terlalu parah, mungkin perlu waktu yang lebih lama untuk menunggunya.

Baca juga: 3 Tips Mencegah Layar Burn In pada Semua Handphone

Tips Mencegah Layar Burn In

Secara keseluruhan ada banyak cara untuk mencegah layar burn in, namun disini akan saya jadikan sesingkat mungkin, sehingga kamu tak perlu membaca lebih banyak teks lagi.

Yang pertama adalah memastikan kecerahan layar pada laptop tidak sering diatur maksimal. Yang kedua adalah mengaktifkan fitur screensaver di Windows, cara tersebut pernah dibagikan di website Blog Second, silakan cari pada kolom pencarian.

Dan yang terakhir adalah mengatur waktu redup layar sekitar 5 menit. Kurang dari itu akan lebih baik lagi.

Selain itu, kamu juga dapat menghindari tampilan statis dalam jangka waktu lama dan selalu me-refresh tampilannya secara manual. Contohnya ketika menonton live streaming game online, kadang terdapat tampilan statis yang tidak berubah cukup lama. Hal ini dapat menimbulkan burn in apabila kamu tidak me-refresh layar tersebut.

Jika kamu memiliki tips lain lagi, saya sangat mempersilakan untuk membagikannya di komentar untuk membantu teman-teman yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment