≡ Menu

Solusi Dogecoin Tidak Masuk ke Wallet

Solusi Dogecoin Tidak Masuk ke Wallet

Dogecoin merupakan mata uang kripto yang sangat populer di Indonesia. Banyak layanan yang menyediakan metode pembayaran berupa dogecoin terhadap pembelian barang digital. Itu meliputi semacam hosting, domain, VPN, dan sebagainya.

Transaksi Dogecoin pada dasarnya nyaris sama seperti Bitcoin, dimana pengguna diminta untuk menunggu konfirmasi setelah transaksi tersebut masuk pada suatu block. Akan tetapi ada pula kejadian yang membuat Dogecoin ini tidak kunjung masuk.

Kejadian tersebut seperti telah menunggu selama beberapa jam namun masih belum masuk juga. Hal ini terjadi akibat banyak faktor, dan semua itu akan dibahas disini beserta solusi mengatasinya.

1. Pastikan Tidak Salah Alamat Dogecoin

Masalah terbesar adalah ketika kamu salah dalam menuliskan alamat penerima, baik itu dari besar kecilnya teks. Karena bagaimanapun juga, alamat Dogecoin lebih baik untuk disalin daripada diketik manual.

Akan lebih baik lagi jika langsung memotretnya dengan QR-Code yang disediakan, pastinya teks alamat tidak akan sampai salah sama sekali.

Untuk itu, silakan cek kembali apakah alamat penerima telah benar, termasuk besar kecilnya teks. Jika ternyata salah, maka tidak ada cara lain untuk mengatasinya dan koin yang dikirim akan masuk ke alamat yang salah tersebut. Sementara itu jika alamatnya sudah benar, silakan lanjut menyimak solusi ke-dua.

2. Wallet Membutuhkan Konfirmasi Lebih Banyak

Normalnya pada wallet official Dogecoin hanya membutuhkan sekitar 3 konfirmasi saja sampai itu dianggap terkirim sepenuhnya. Namun untuk wallet yang lainnya, kadang membutuhkan konfirmasi yang lebih banyak, sekitar 10 konfirmasi.

Jadi silakan tunggu saja sampai transaksi mendapatkan banyak konfirmasi. Bahkan di beberapa wallet pun akan muncul saldo atau koin tersebut sebagai pending apabila total konfirmasi belum memenuhi syarat.

3. Block Height Belum Tersinkron pada Wallet

Hal ini terjadi ketika kamu menggunakan wallet lain, karena biasanya terjadi keterlambatan terhadap sinkronisasi Block Height. Jadi selama Block Height itu tidak diperbarui, pastinya tidak akan bisa menemukan transaksi yang kamu lakukan.

Tapi kamu tak usah khawatir, karena kadang proses sinkronisasi Block Height pada kebanyakan wallet adalah sekitar setengah jam sekali. Jadi sekali lagi yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu saja.

Block Height kadang bisa dipantau pada dalam wallet. Dan jika itu tidak diperbarui dalam jangka waktu yang tergolong lama, silakan kontak layanan wallet tersebut dan mengatakan bahwa Block Height tidak tersinkron dengan benar.

Baca juga: Cara Tarik Saldo Indodax ke Dompet OVO

4. Transaksi Terjebak di MemPool Dogecoin

Pada dasarnya mempool adalah tempat semua transaksi valid yang sedang menunggu dikonfirmasi oleh jaringan Dogecoin. Jika terdapat banyak sekali transaksi pada mempool, itu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan konfirmasi.

Sekali lagi, kamu hanya perlu menunggu untuk kejadian ini. Ibaratnya kamu sedang terjebak pada kemacetan lalu lintas, sehingga tak ada cara lain kecuali menunggu giliran untuk berjalan. Dan paling lama kejadian ini akan berlangsung selama 1 hari.

Untuk mengetahui transaksi kamu terjebak pada mempool sangatlah mudah, yaitu transaksi tersebut tak kunjung mendapatkan konfirmasi dalam jangka waktu yang tergolong lama.


Itu saja solusi yang dapat saya berikan. Kebanyakan dari itu adalah hal yang normal terjadi, sehingga kamu hanya perlu menunggu saja sampai koin masuk. Namun saya juga lebih menyarankan untuk menggunakan wallet official daripada yang lainnya supaya tidak ada masalah dari segi sinkronisasi Block Height.

Apabila kamu ingin menambah solusi lain kecuali diatas, sangat dipersilakan untuk membaginya melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment