≡ Menu

Cara Mematikan Pemberitahuan SMS dari Facebook

Facebook menyediakan dua metode untuk mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna. Antara lain adalah melalui SMS dan Email. Kedua hal itu juga dapat diaktifkan secara bersamaan, akan tetapi beberapa orang lebih memilih salah satu dari itu supaya pemberitahuan tersebut tidak menganggu aktivitas.

Pemberitahuan yang dikirimkan oleh Facebook antara lain adalah sejenis komentar baru, status, dan lain sebagainya. Sebelum ada smartphone, pemberitahuan SMS sangat penting, karena pengguna bisa mengetahuinya secara realtime tanpa harus membuka tutup aplikasi Facebook.

Sedangkan di smartphone (Android & iOS) penggunaan dari pemberitahuan SMS tidaklah berguna lagi, mengingat ponsel bisa langsung ter-sinkronisasi dengan Facebook melalui internet untuk mendapatkan notifikasi berjenis Push secara tepat waktu.

Menonaktifkan Pemberitahuan SMS dari Facebook

Bukan berarti tidak berguna, akan tetapi memilih salah satu jenis pemberitahuan dari SMS dan Email akan lebih baik supaya ponsel tidak terus berdering berkali-kali untuk satu pemberitahuan. Dan berikut ini tata cara menonaktifkannya:

  1. Buka aplikasi Facebook.
  2. Ketuk tombol menu strip tiga.

    Ketuk Tombol Menu di Facebook

  3. Gulir kebawah dan ketuk menu Pengaturan & Privasi.

    Ketuk Menu Pengaturan dan Privasi

  4. Dan lanjutkan ketuk menu Pengaturan.

    Menuju Bagian Pengaturan

  5. Gulir kebawah dan temukan bagian Notifikasi, silakan ketuk pada menu SMS.

    Ketuk menu SMS

  6. Ketuk tombol Edit disamping Notifikasi.

    Mulai Menonaktifkan Pemberitahuan SMS di Facebook

  7. Selanjutnya hilangkan centang pada opsi Dapatkan pemberitahuan SMS.

    Mematikan Pemberitahuan SMS pada Facebook

  8. Selesai, pemberitahuan SMS kini telah berhasil dinonaktifkan.

Sekarang segala notifikasi dari Facebook hanya akan dikirimkan ke alamat email yang telah dihubungkan ke akunnya. Jika sekiranya kamu belum menambah email, sangat disarankan untuk menambahkannya terlebih dahulu, sebab kegunaan alamat email sangatlah penting, salah satunya adalah untuk melindungi akun Facebook.

Kesimpulan

Pemberitahuan SMS memang kadang sangat menganggu apabila hadir berkali-kali. Untuk itu, menonaktifkannya adalah hal yang tepat. Tetapi mungkin kamu juga harus memikirkan ulang, sebab pada dasarnya Facebook juga memberikan opsi untuk mengontrol pemberitahuan pada Facebook.

Jadi kamu bisa mem-filter pemberitahuan apa saja yang akan dikirimkan dari SMS. Cara tersebut sudah pernah dijelaskan pada artikel berjudul Cara Mengontrol Pemberitahuan di Akun Facebook. Barangkali kamu tertarik menggunakan itu daripada menonaktifkan keseluruhannya. Sebab untuk beberapa hal, pemberitahuan SMS masih diperlukan untuk kejadian penting pada Facebook.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap