≡ Menu

Alternatif TeamViewer Terbaik untuk Akses PC Jarak Jauh

TeamViewer dikenal sebagai aplikasi remote kontrol yang memiliki banyak fitur menarik. Dibanding lainnya, justru TeamViewer lebih populer dan diminati oleh banyak orang karena kemudahan dalam menggunakannya.

Tapi tahukah kamu jika terdapat aplikasi remote kontrol yang lainnya, dimana fiturnya juga tak kalah banyak dan stabil dalam penggunaannya. Jadi apabila kamu memiliki kendala terhadap TeamViewer, maka satu-satunya opsi tercepat adalah menggunakan aplikasi alternatif.

Ada sedikitnya 3 aplikasi pengganti TeamViewer paling terbaik sejauh yang saya coba selama ini. Beberapa dari itu memiliki fitur dan kelebihan tersendiri. Jadi kamu dapat mencoba-coba terlebih dahulu, dan memilih mana yang dirasa nyaman untuk terus digunakan.

3 Alternatif Teamviewer Terbaik

1. Anydesk

Anydesk untuk Windows 10

 

Aplikasi atau program yang satu ini memiliki cara kerja yang nyaris sama dengan TeamViewer. Dimana setiap komputer memiliki semacam ID yang berfungsi sebagai identitas perangkat. Jadi untuk menyambung ke perangkat lain, pengguna hanya perlu mencatat ID tersebut.

Saat ini Anydesk dapat dipakai pada beberapa OS. Antara lain adalah Windows, Linux, dan Mac. Proses instalasi dari Anydesk juga tidak ribet. Dan setiap ada client yang terhubung, perangkat akan mendapatkan notifikasi untuk menyetujuinya.

2. Remote Desktop Connection

RDP Sebagai Pengganti TeamViewer

 

Yang kedua adalah RDC atau nama populernya sebagai RDP (Remote Desktop Protocol). Dimana client akan mendapatkan akses penuh terhadap komputer server. Namun untuk hasil yang maksimal, perangkat yang akan diakses jarak jauh harus memasang OS Windows Server.

Pada Linux pun sebenarnya juga bisa dengan memasang paket XRDP. Namun saya rasa itu kurang maksimal dalam segi tampilan dan koneksi. Justru menggunakan RDP pada Windows sangat disarankan karena kompatibilitas yang sangat baik.

Selain menggunakan komputer pribadi, kamu juga bisa lho menyewa RDP. Banyak sekali layanan yang menyediakannya. Dan harganya tergantung dari spesifikasi komputer virtual yang dipilih. Semakin tinggi spesifikasinya, maka harganya akan semakin tinggi.

3. VNC Viewer

VNC Alternatif TeamViewer

 

VNC Merupakan singkatan dari Virtual Network Computing, memiliki kinerja layaknya RDP namun terdapat beberapa perbedaan yang menonjol pada sisi fitur. Proses instalasinya menurut saya sedikit ribet untuk pertama kalinya, namun dibalik itu terdapat kelebihan tersendiri.

Kelebihan itu adalah akses yang sangat cepat ketika terhubung ke komputer server. Dan sebenarnya ada banyak sekali program VNC Client. Namun menurut saya yang paling terbaik adalah VNC Viewer.

Ketahuilah bahwa program VNC Viewer hanya berfungsi sebagai client saja. Sedangkan jika pada komputer satunya ingin dijadikan server atau akses jarak jauh, maka kamu harus memasang program RealVNC.


Baca juga: Cara Membuat RDP Windows di Google Cloud

Itulah ketiga aplikasi/program yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti TeamViewer. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, untuk itu saya menyarankan untuk mencoba seluruhnya dan kemudian memilih salah satu yang dirasa paling terbaik.

Apabila kamu memiliki rekomendasi lain untuk aplikasi remote kontrol komputer, boleh dibagikan di komentar untuk membantu pengguna lainnya mendapatkan alternatif TeamViewer yang terbaik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment