≡ Menu

Cara Mematikan Pembaruan Otomatis pada WordPress

Cara Mematikan Pembaruan Otomatis pada WordPress

Terdapaat fitur tersembunyi pada WordPress yang mampu memperbarui situs secara otomatis. Baik itu versi WordPress itu sendiri atau bahkan plugin dan tema yang terpasang sekarang. Dibalik kemudahan itu, tentunya terdapat seseorang yang masih meragukan terhadap pembaruan otomatis.

Salah satu keraguan dari pembaruan yang tak terpantau adalah bisa merusak website akibat masalah kompatibilitas server. Karena tidak semua pembaruan selalu sempurna, dan kadang masih terdapat masalah yang mungkin tak disadari.

Jika kamu merupakan seseorang yang sering masuk ke halaman dasbor situs, mungkin akan sangat tepat untuk menonaktifkan pembaruan otomatis ini. Dengan begitu, kamu dapat memantau terlebih dahulu ketika ada pembaruan, dan mulai memperbaruinya apabila dirasa itu aman.

Mengapa Terdapat Pembaruan Otomatis di WordPress?

WordPress melakukan ini dengan alasan keamanan. Dan pada beberapa kasus, WordPress juga memperbarui plugin atau tema. Hal tersebut disebabkan karena terdapat potensi celah yang harus segera diperbaiki dengan cara memperbaruinya.

Biasanya sistem website akan langsung mengirimkan email ke admin apabila situsnya telah diperbarui ke versi yang mutakhir.

Jadi apabila ini mempengaruhi terhadap keamanan, sebenarnya sangat tidak disarankan untuk menonaktifkan pembaruan otomatis. Tapi sehubungan hal ini menjadi hak pemilik website, jadi pengguna dapat memutuskan untuk menonaktifkan ataupun tidak sesuai pada keinginan.

Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis WordPress

Sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Akan tetapi yang dibagikan pada tulisan ini adalah melalui file konfigurasi WordPress. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Silakan masuk ke File Manager atau FTP pada website.
  2. Kemudian buka file wp-config.php.

    Buka File Konfigurasi WordPress

  3. Lalu tambahkan kode dibawah ini pada konfigurasi:

    define('WP_AUTO_UPDATE_CORE', false);

    Mematikan Pembaruan Otomatis WordPress

  4. Setelah itu simpan file konfigurasi tersebut.

Mulai sekarang WordPress takkan diperbarui secara otomatis. Itu juga termasuk plugin dan juga tema. Jadi kini yang berhak untuk memperbarui hanya kamu saja. Untuk itu, sesekali masuk ke dasbor website untuk mengecek adanya pembaruan.

Baca juga: Menyembunyikan URL WP-Admin dan WP-Login pada WordPress

Kesimpulan

Mematikan pembaruan WordPress sangat cocok diterapkan apabila kamu tidak ingin website bermasalah akibat adanya plugin atau tema yang tidak kompatibel. Mungkin situs sejenis E-Commerce akan sangat butuh untuk melakukan ini.

Adapun plugin yang bisa mengatur terhadap pembaruan. Itu bernama Easy Updates Manager. Dengan bantuan plugin tersebut, kamu bisa mengelola segala pembaruan dengan lebih mudah, atau bisa juga digunakan untuk menonaktifkan segala pembaruan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment