≡ Menu

Cara Menghilangkan Garis Bawah Merah di Word

Cara Menghilangkan Garis Bawah Merah di Word

Tahukah kamu bahwa garis bawah berwarna merah di Microsoft Word pada dasarnya sangatlah berguna. Itu digunakan untuk mendeteksi adanya ejaan kata yang salah. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah dalam mengkoreksi dan memperbaiki kata tersebut.

Namun dari banyaknya komputer Windows 10 yang digunakan setiap orang masih menggunakan bahasa inggris, tentu akan ada banyak sekali garis bawah berwarna merah pada setiap kata yang di-ketik. Pastinya hal itu akan membuat penglihatan kurang begitu nyaman.

Untuk menghilangkah garis bawah tersebut, ada dua opsi yang bisa kamu pilih. Yang pertama adalah langsung menonaktifkan fitur ejaan kata pada Microsoft Word. Dan yang kedua adalah mengunduh Bahasa Indonesia pada komputer, supaya Microsoft Word dapat mendeteksi ejaan dengan tepat.

Menghilangkan Garis Bawah Merah pada Word

Seperti yang saya katakan diatas bahwa ada dua cara untuk melakukannya. Jadi jika kamu merasa fitur ejaan ini tidak berguna, maka cara pertama akan sangat tepat untuk diterapkan. Sementara itu apabila kamu masih mengharapkan untuk tetap menggunakan fitur ejaan ini supaya berfungsi dengan benar, maka silakan terapkan cara yang ke-dua.

1. Menonaktifkan Fitur Ejaan pada Microsoft Word

  1. Buka suatu dokumen pada Microsoft Word.
  2. Klik menu File.

    Klik Menu File

  3. Kemudian pilih menu Opsi.

    Klik Opsi pada Word

  4. Lalu klik menu Pemeriksaan Ejaan.

    Klik Menu Pemeriksaan Ejaan

  5. Gulir kebawah dan jangan centang pada opsi Periksa ejaan saat Anda mengetik.

    Menghilangkan Garis Bawah Merah pada Word

  6. Tahap terakhir, klik tombol OK.

Sekarang cobalah mengetik sesuatu pada dokumen yang dibuka saat ini, pasti garis bawah berwarna merah kini takkan muncul lagi.

2. Mengunduh Bahasa Indonesia dan Mengaturnya untuk Word

Dengan mengunduh Bahasa Indonesia, tentunya pemeriksaan ejaan pada Microsoft Word akan akurat, sehingga garis bawah merah hanya akan tampil ketika salah dalam penulisan kata saja. Untuk melakukannya sangatlah mudah berikut ini caranya.

Silakan menuju Windows Settings > Time & Language > Language. Kemudian silakan klik opsi Add a preferred language dan cari dengan kata kunci Indonesia. Nantinya akan tampil dua bahasa, yaitu English (Indonesia) dan Bahasa Indonesia, silakan dipasang keduanya.

Memasang Bahasa Indonesia untuk Word

Apabila sudah terpasang, kini kamu bisa langsung menuju ke Microsoft Word, menuju File > Opsi > Pemeriksaan Ejaan. Klik pada tombol Kamus Kustom dan setelah itu beri centang pada Bahasa Indonesia.

Mengaktifkan Bahasa Indonensia untuk Pemeriksaan Ejaan pada Word

Selesai, kini pemeriksaan ejaan pada Microsoft Word telah mendukung untuk Bahasa Indonesia.

Baca juga: Cara Memperkecil Ukuran File Microsoft Word

Kesimpulan

Cara pertama akan mematikan fitur pemeriksaan ejaan, sehingga Microsoft Word takkan lagi mendeteksi adanya kata yang salah. Sementara itu cara yang ke-dua dimaksudkan untuk membuat fitur ini berfungsi dengan benar, yakni memasang Bahasa Indonesia pada komputernya.

Karena secara default language pack untuk Bahasa Indonesia masih belum dipasang, sehingga dengan cukup memasangnya akan bisa membuat fitur pemeriksaan ejaan tersebut berfungsi dengan semestinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment