≡ Menu

Cara Instal Composer di Windows

Composer adalah sebuah program yang berfungsi untuk menghubungkan projek dengan library dari Packagist. Memungkinkan kamu bisa menginstal atau mengelola segala modul yang diperlukan dalam pengembangan projek website.

Adapun beberapa manfaat dari menggunakan Composer ini, seperti membuat kode PHP lebih terstruktur dan tidak perlu memasukkan semua class PHP yang diperlukan karena terbantu dengan fitur autoload.

Sebelum memulai untuk menginstal Composer, pastikan bahwa pada komputer Windows yang kamu gunakan telah terpasang XAMPP. Sebab nantinya itu diperlukan saat proses instalasi berlangsung.

Download Composer

Pertama-tama silakan download program Composer pada website Getcomposer. Setelah itu silakan klik tombol Download yang tersedia disana. Dan kemudian klik pada opsi Composer-Setup.exe.

Ukuran file program Composer sangatlah kecil, tidak sampai 2 MB. Dan jika sudah di-download, silakan lanjut simak dan ikuti langkah instalasinya dibawah ini.

Tutorial Instal Composer di Windows

  1. Silakan klik dua kali file Composer yang telah di-download tadi.
  2. Selanjutnya pada dialog yang tampil, klik tombol Next.

    Klik Tombol Next

  3. Setelah itu Composer akan meminta direktori file php.exe pada komputer. Silakan cari pada direktori XAMPP. Contohnya C:\XAMPP\php\php.exe.

    Cari Direktori PHP di XAMPP

  4. Kemudian klik tombol Next.
  5. Pada dialog proxy settings, biarkan default saja, dan lanjut klik tombol Next lagi.

    Klik Tombol Next Lagi

  6. Sekarang muncul dialog review terhadap versi PHP sesuai yang digunakan. Jika dirasa sudah benar, silakan klik tombol Install.

    Review Perubahan dan Klik Tombol Install

  7. Hampir selesai, dan kini akan muncul review lagi yang menampilkan informasi bahwa terdapat perubahan pada Windows Environment. Hal tersebut dimaksudkan supaya Composer dapat langsung dijalankan melalui Command Prompt. Dan langsung saja klik tombol Next.

    Cara Instal Composer di Windows

  8. Akhirnya proses instalasi sudah selesai. Sekarang kamu bisa klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.

    Composer Berhasil Terpasang

Secara keseluruhan ada delapan langkah yang dapat kamu ikuti untuk memasang Composer pada Windows. Dan harap untuk mengatur letak direktori PHP dengan benar supaya proses instalasinya berjalan lancar.

Baca juga: Cara Menampilkan Kode Asli Javascript yang Ter-enkripsi

Mengecek Composer di Command Prompt

Pada langkah ke-7 diatas, program Command akan secara otomatis membuat perubahan pada Windows Environment. Yang mana itu bermaksud untuk menambah PATH saja, supaya Composer dapat langsung dijalankan dari Command Prompt.

Jadi kini kamu bisa langsung mengetes atau mengecek apakah Composer sudah berjalan dengan lancar. Caranya sangat mudah, silakan buka Command Prompt, dan kemudian jalankan perintah dibawah ini:

composer
Cek Instalasi Command pada Windows

Jika tampil seperti gambar diatas, itu tandanya mulai sekarang Composer sudah bisa digunakan.

Apabila kamu memiliki pertanyaan tentang instalasi Composer di Windows, silakan untuk langsung berkomentar dibawah untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment