≡ Menu

Aplikasi Hex Editor untuk PC dan Cara Menggunakannya

Sudah tahu belum mengenai Hex Editor? Itu merupakan alat yang digunakan untuk mengalihkan data dan pengelolaan memory. Tapi beberapa orang lebih sering menggunakannya untuk mengalihkan suatu file dalam jenis binari.

Sebagai contohnya seperti mengedit suatu teks terhadap file dengan format EXE ataupun format executable yang lainnya tanpa mengalami kerusakan. Dan pada komputer Windows, kamu bisa melakukan itu dengan bantuan program bernama HxD.

HxD adalah program Hex Editor gratis untuk Windows yang memiliki fitur yang lumayan banyak. Dan pada artikel ini, Saya ingin menunjukkan sedikit cara dalam menggunakan program ini untuk mengalihkan file dalam bentuk binari.

Download Program HxD Hex Editor

Program ini selalu diperbarui setiap tahunnya guna untuk menambahkan fitur baru dan memperbaiki adanya kesalahan di versi sebelumnya. Ketika artikel ini dibuat, program ini terakhir diperbarui pada bulan Februari tahun 2020 lalu. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis dengan mengunjungi Halaman Download HxD.

Sejak pembaruan terakhir, program ini kompatibel dan dapat digunakan dengan baik pada OS Windows 10. Untuk fitur-fiturnya pun juga tidak mengalami kendala sama sekali, alias berfungsi semuanya.

Cara Menggunakan Program HxD

Seperti yang telah saya katakan diatas, disini akan saya bagikan sekilas cara untuk mengedit file dalam bentuk binari. Silakan ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Buka program HxD.
  2. Klik opsi File > Open.

    Klik Opsi Open

  3. Kemudian pilih file yang ingin di-edit.
  4. Sekarang kamu bisa mengalihkan suatu teks pada bagian Decoded Text.

    Menggunakan Program HxD Hex Editor

  5. Jika dirasa sudah, silakan klik opsi File > Save as.

    Menyimpan File pada HxD Hex Editor

  6. Dialog akan muncul. Silakan beri nama baru file tersebut untuk menyimpannya.

Setiap teks yang kamu tulis pada bagian Decoded Text, akan diubah menjadi binari secara otomatis. Tapi ketahui juga bahwa salah sedikit saja dalam mengubah suatu value juga dapat membuat file tersebut rusak dan tidak bisa digunakan.

Akhir Kata

Program HxD Hex Editor memiliki fitur yang banyak dan tidak hanya dipakai untuk mengalihkan suatu file saja. Tampilan dari program ini juga sangat sederhana, yang mana membuat pengguna mudah dalam mengoperasikan berbagai hal. Seperti mencari teks, meng-ekspor atau impor, checksum, dan sebagainya.

Didalam programnya juga terdapat fitur untuk mengecek pembaruan. Itu berada pada bagian Help > Find Updates. Dengan begitu, kamu takkan pernah ketinggalan apabila terdapat versi yang baru.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap