≡ Menu

Cara Mengatur Pesan Darurat (SOS) di HP Samsung

Cara Mengatur Pesan Darurat (SOS) di HP Samsung

Setiap ponsel tentunya memiliki opsi untuk melakukan panggilan darurat. Namun sebagian dari itu memiliki cara yang berbeda dalam melakukannya. Tapi semua itu dapat diterapkan langsung meski layar ponsel dalam keadaan terkunci. Tapi sudah pernahkah kamu mengetahui tentang pesan darurat?

Pesan darurat biasa juga dikenal sebagai pesan SOS. Kegunaannya mirip seperti panggilan darurat, hanya saja ini akan mengirim teks ke nomor tujuan yang terpilih. Sedangkan di ponsel Samsung, pesan darurat ini akan mengirimkan pesan berbentuk MMS ke nomor tujuan.

Mengaktifkan Pesan SOS ini sebenarnya sangat penting, sehingga kamu bisa menggunakannya pada kondisi paling darurat. Dan pada tulisan ini akan Saya jelaskan bagaimana cara mengaktifkan dan juga menggunakannya.

Mengaktifkan Fiturs Pesan Darurat di Samsung

Pastikan ponsel Samsung yang kamu gunakan telah menggunakan One UI supaya bisa mengaktifkan fitur ini. Mungkin tidak seluruh ponsel Samsung telah mendukung fitur pesan SOS, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Silakan buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Fitur Lanjutan.

    Ketuk Menu Fitur Lanjutan

  3. Gulir kebawah dan ketuk menu Kirim Pesan SOS.

    Ketuk Menu Kirim Pesan SOS

  4. Sekarang aktifkan pada Pesan SOS. Dan jika muncul dialog persetujuan, silakan lanjutkan ketuk opsi Setuju.
  5. Setelah itu, dialog untuk menambah penerima pesan akan tampil. Silakan ketuk pada opsi Tambahkan.

    Mengatur Pesan SOS di Samsung

  6. Lalu pilih nomor kontak yang ingin ditambahkan. Maksimal 4 kontak.

    Memilih Nomor Tujuan Penerima

  7. Selesai. kini pesan SOS telah berhasil diaktifkan.

Cara Menggunakan Pesan Darurat

Setelah fitur sudah diaktifkan. Kini kamu bisa menggunakannya dengan cara menekan tombol power tiga kali dengan cepat. Lalu sistem ponsel secara diam akan mulai mengirimkan pesan darurat tersebut kepada nomor kontak yang telah dipilih sebelumnya.

Cara ini bisa langsung kamu terapkan meski ponsel dalam keadaan layar terkunci. Jadi cara ini tidak akan mengundang suara, dan kamu tidak perlu lama-lama membuka kunci pada ponsel terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Meminjam Pulsa Darurat di Kartu Axis atau XL

Apa yang Dikirimkan Pesan SOS ke Nomor Penerima?

Secara default, penerima akan menerima pesan berbentuk teks dan juga dua hal lainnya. Dua hal tersebut antara lain adalah jepretan foto kamera (depan & belakang), dan rekaman suara 5 detik pada kondisi saat ini.

Dengan begitu, penerima akan mengetahui persisnya kejadian kamu. Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan salah satu dari kedua hal yang Saya sebut diatas. Namun akan lebih baik lagi jika tetap diaktifkan.

Sebagai saran, cobalah untuk mengirimkan pesan darurat/SOS ini pada satu penerima dulu untuk melakukan tes terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa mengetahui cara kerja fitur ini lebih detil lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment