Cara Mengirimkan Foto/Video Supaya Jernih di WhatsApp

Cara Mengirimkan Foto/Video Supaya Jernih di WhatsApp

Sudah tahu belum bahwa WhatsApp pada umumnya mengompres setiap foto atau video yang dikirimkan melalui chat sehingga kualitasnya akan menurun dan tidak tampak seperti foto aslinya. Inilah yang menjadi kekurangan dari platform ini. Namun bagian terbaiknya, kini telah tersedia fitur untuk mengirimkan foto HD, sehingga tampilannya tetap jernih saat di zoom sekalipun.

Foto atau Video HD (High Definition) rata-rata memiliki resolusi di atas 720p, baik itu landscape ataupun potrait. Dan meskipun foto tersebut dikompres, kualitasnya akan masih tetap bagus.

Mengirimkan Foto/Video Agar Tetap Jernih di WhatsApp

Sebenarnya ada dua cara untuk mengirimkan foto supaya gambarnya tetap jernih atau bahkan tidak terkompres sama sekali oleh sistem. Kedua cara tersebut akan dibagikan di sini, dan kamu bebas memilih cara mana yang sekiranya dapat dianggap mudah untuk dilakukan.

1. Menggunakan Fitur Pengiriman HD

FItur ini masih tergolong baru, dan mulai hadir sejak pertengahan tahun 2023. Dan seperti yang saya katakan di atas tadi, untuk menggunakan fitur ini, foto yang dikirimkan harus memiliki resolusi di atas 720p dengan aspek potret maupun lansekap.

Untuk mencobanya, silakan buka chat dan pilih foto yang ada di Galeri. Kemudian ketuk pada opsi HD di bagian atas, lalu atur sebagai Kualitas HD. Berikut ini gambarannya:

Menggunakan Fitur Pengiriman HD

Sesuai dari gambaran di atas, foto tersebut memiliki resolusi setidaknya 2160p dalam aspek potret yang mana itu di atas Full HD 1080p. WhatsApp tentunya masih mengompres, namun kamu tidak perlu khawatir, karena gambar yang terkirim akan tetap jernih.

2. Menggunakan Pengiriman Dokumen

Berbeda dengan langsung mengirim foto atau video, justru mengirim dalam bentuk dokumen, filenya tidak akan terkompres sama sekali. Caranya mudah, silakan buka chat dan ketuk ikon lampiran. Selanjutnya ketuk Dokumen dan pilih file foto atau video yang akan dikirimkan.

Menggunakan Pengiriman Dokumen di WhatsApp

Dan selesai, foto atau video yang kamu kirimkan tidak akan terkompres oleh WhatsApp. Satu hal yang perlu diketahui ketika mengirimkan video, yakni total maksimal ukuran pengiriman untuk satu file adalah 2GB, jadi apabila lebih dari itu akan ditolak.

Baca juga: Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman ke Galeri

Kesimpulan

Mengirimkan foto di WhatsApp kini tidak perlu ragu akan hasilnya yang buram karena telah tersedia fitur pengiriman HD yang tidak akan mengurangi resolusi dan kualitasnya. Selain itu menggunakan fitur pengiriman dokumen juga menjadi alternatif terbaik, khususnya ketika kamu tidak ingin filenya dikompres oleh sistem.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *