≡ Menu

Cara Tunda atau Pause Windows Update di Windows 10

Selalu ada saja pembaruan dari Windows setiap bulannya. Beberapa dari itu meliputi keamanan dan juga program lainnya. Dan bagian parahnya adalah tidak ada notifikasi yang dimunculkan sistem ketika hendak mengunduh pembaruan tersebut.

Mungkin itu tidak masalah jika berada di area WiFi, tapi berbeda jika masih sedang menggunakan modem, pastinya kuota data akan terkuras akibat unduhan tersebut. Dan secara default, Windows juga tidak menyediakan opsi untuk mengupdate otomatis.

Namun syukurnya pada Windows 10 tersedia opsi untuk menunda atau melakukan pause terhadap pembaruan tersebut. Sehingga selama waktu yang ditentukan, komputer atau laptop yang kamu gunakan takkan menerima Windows Update.

Cara Menunda Windows Update pada Windows 10

Windows menyediakan opsi tujuh hari untuk menunda Windows Update, akan tetapi kamu juga bisa mengaturnya maksimal sebulan. Dan berikut ini tata caranya:

  1. Buka pencarian Windows dan ketik Windows Update, kemudian ENTER.

    Ketik Windows Update

  2. Kemudian klik pada opsi Pause updates for 7 days.

    Menunda atau Pause Windows Update

  3. Untuk mengubah jangka waktu tunda, silakan klik opsi Advanced Options.

    Klik Opsi Advanced Options

  4. Gulir kebawah dan temukan bagian Pause Updates dan silakan atur batas waktu penundaan.

    Mengatur Batas Tunda Windows Update

Selama proses penundaan, sistem takkan mengunduh otomatis jika terdapat Windows Update yang tersedia. Namun sistem akan langsung mengunduh seluruhnya ketika penundaan telah berakhir.

Dan kamu juga bisa memperpanjang waktu penundaan dengan mengatur ulang pada Advanced Options. Namun ketahui juga, dengan menunda banyaknya pembaruan, pastinya proses unduhan akan semakin besar nantinya.

Baca juga: Tips Ampuh Mempercepat Update Windows 10

Melanjutkan Windows Update yang Tertunda

Selain menundanya, kamu juga bisa melanjutkan Windows Update yang masih tertunda lama. Jadi misalnya kamu ingin melanjutkannya sekarang, yang diperlukan hanyalah meng-klik tombol Resume pada halaman Windows Update.

Melanjutkan Windows Update yang Tertunda

Setelah itu sistem akan langsung mengecek pembaruan dan mulai untuk mengunduhnya saat itu juga.

Secara keseluruhan, kamu bisa menunda pembaruan dan juga melanjutkannya lagi. Sangat cocok diterapkan apabila kamu sedang menggunakan kuota data dan tidak sedang menggunakan WiFi. Karena terkadang ukuran Windows Update bisa sangat besar tergantung dari jenis pembaruannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap