≡ Menu

Solusi Mengatasi XAMPP Access Denied di Windows

Solusi Mengatasi XAMPP Access Denied di Windows

Kejadian pada XAMPP sangatlah bermacam-macam, namun kebanyakan dari itu jarang sekali terjadi. Hanya satu masalah yang biasa terjadi dan itu membuat seseorang terus kepikiran terkait sebabnya. Yaitu munculnya pesan error XAMPP Access Denied, dan kadang-kadang juga bisa menyebabkan program not respoding.

Contoh notif kesalahan lengkapnya seperti ini: “Error: Cannot Create File (direktori) xampp-control.ini Access is denied

Apabila kamu mengalami maslah ini, tak perlu cemas, karena cara untuk mengatasinya sangatlah mudah. Yaitu hanya cukup menjalankan program XAMPP sebagai administrator. Dengan begitu notif tersebut takkan muncul kembali.

Mengatasi XAMPP Access is Denied pada Windows

Jadi secara total ada dua cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya. Yang pertama adalah langsung menjalankan program XAMPP sebagai administrator. Dan yang kedua adalah menonaktifkan UAC (User Access Control) pada pengaturan sistem.

1. Jalankan XAMPP Sebagai Administrator

Pada dasarnya XAMPP dapat dijalankan meski tidak sebagai administrator dengan syarat direktori instalasinya tidak berada di drive C. Namun kendala mungkin akan muncul saat ingin mengeluarkan XAMPP ini, sehingga notif errornya keluar.

Jadi solusi paling termudah adalah selalu menjalankan XAMPP sebagai Administrator, berikut ini caranya:

  1. Cari XAMPP pada pencarian Windows.

    Cari XAMPP di Windows

  2. Lalu klik kanan pada program XAMPP.

    Mengatasi XAMPP Access Denied pada Windows

  3. Pilih pada opsi Run as Administrator.
  4. Perizinan akan muncul, silakan lanjutkan klik tombol YES.
  5. Selesai, kini XAMPP berjalan sebagai administrator.

Selain cara diatas, kamu juga bisa melakukannya langsung pada shortcut XAMPP. Cukup masuk ke bagian Properties terhadap shortcut tersebut, lalu klik tab Customize dan aktifkan di opsi Run this program as administrator. Jadi tiap kali membuka XAMPP melalui shortcut, bisa langsung muncul perizinan administratornya.

Baca juga: Cara Mengatasi .htaccess Tidak Berfungsi di XAMPP

2. Menonaktifkan UAC pada Windows

UAC sangat diperlukan pada Windows untuk mengetahui program apa saja yang meminta perizinan akses admin. Jika fitur ini dimatikan, alhasil komputer tidak akan menampilkan notif perizinan dari program yang dibuka, dan langsung disetujui secara otomatis.

Saya kurang menyarankan cara ini karena menurut Saya UAC sangat diperlukan untuk meninjau program apa yang meminta perizinan admin. Namun jika kamu tetap ingin menerapkannya, silakan ikuti langkahnya dibawah ini:

  1. Ketik UAC pada pencarian Windows dan ENTER.
  2. Lalu geser slider sampai paling bawah.

    Menonaktifkan UAC pada Windows

  3. Tahap terakhir klik tombol OK.

Setelah menonaktifkan UAC, kamu bisa langsung membuka XAMPP seperti biasa dan notif error dijamin takkan muncul lagi.

Kesimpulan

Pada proses instalasi program XAMPP, terdapat informasi terkait hal ini. Lebih tepatnya pada bagian pemilihan direktori instalasi, dimana XAMPP tidak menyarankan untuk memasangnya pada drive C akibat kendala UAC ini.

Jadi antara cara pertama atau yang ke-dua, kamu bisa memilih mana saja sesuai keinginan. Sedangkan Saya sendiri selalu menggunakan cara pertama. Dan apabila kamu memiliki pertanyaan lebih mengenai kedua cara diatas, silakan langsung berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap