≡ Menu

Solusi Gagal Memperbarui Microsoft Edge

Solusi Gagal Memperbarui Microsoft Edge

Selain Internet Explorer, adapula browser bawaan di Windows 10, yaitu Microsoft Edge. Browser tersebut memiliki fitur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Internet Explorer. Dan juga sangat ringan untuk digunakan keperluan browsing multi-tab.

Dulunya Microsoft Edge memiliki ikon berwarna biru petang dengan tampilan flat. Namun semenjak diperbarui, ikonnya berganti menjadi lebih berwarna. Dan tampilan atau UI didalam browser ini juga sangat enak untuk dipandang.

Jika kamu baru saja memperbarui Windows 10, kadang akan diminta juga untuk memperbarui Microsoft Edge. Jadi dialog akan muncul dan setelah itu proses unduhan akan dimulai. Akan tetapi tidak semua proses pembaruan selalu berhasil, kadang juga bisa berupa kegagalan yang sulit untuk dipahami.

Mengapa Memperbarui Microsoft Edge Selalu Gagal?

Terkadang memang aneh, karena proses pembaruan itu dilakukan didalam browser itu sendiri, namun pada akhirnya ketika hendak memasangnya muncul notif “gagal” dan tak bisa melanjutkannya lagi.

Jika menurut Saya, hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Yaitu akibat koneksi internet, file instalasi yang tidak ter-unduh sempurna sehingga hash file yang diterima tidak valid, atau kesalahan dari Microsoft Edge itu sendiri.

Tapi tenang saja, karena masalah ini masih bisa diatasi. Bahkan Saya juga mengalami hal yang sama dan pada akhirnya dapat memperbarui Microsoft Edge tanpa ada kendala lagi.

Solusi Microsoft Edge Tidak Bisa Diperbarui

Mengatasinya tidaklah sulit, karena kamu hanya butuh memasangnya secara offline dan setelah itu Microsoft Edge akan berhasil diperbarui. Dan dibawah ini Saya berikan tata cara untuk mengambil file instalasi offline tersebut.

  1. Silakan buka/klik Halaman Download MS Edge.
  2. Selanjutnya gulir kebawah dan pada bagian Channel/Version, pilih pada Stable yang paling atas.

    Proses Download File Instalasi Offline Microsoft Edge

  3. Untuk opsi Built, juga pilih yang paling atas.
  4. Sementara itu untuk opsi Platform, silakan pilih sesuai sistem komputernya.
  5. Selanjutnya klik tombol DOWNLOAD.
  6. Dan setelah unduhan selesai, silakan jalankan file instalasi tersebut dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Ukuran file instalasi offline tidak sampai 100MB. Dan proses pembaruannya juga tergolong cepat, tidak sampai 5 menit. Jadi setelah membuka file instalasinya, akan muncul dialog administrator, silakan untuk di-izinkan, dan setelah itu kamu hanya perlu menunggu saja.

Baca juga: Mengatasi “Apps is Currently Not Availabe” di Microsoft Store

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kamu hanya perlu mengunduh file instalasi offline saja dan kemudian memasangnya. Dan cara ini sangatlah aman karena langsung mengunduh dari situs web official Microsoft dan bukan dari situs lain.

Microsoft menyediakan beberapa versi browser ini untuk bebas dicoba. Bahkan disana juga ada versi beta, sehingga kamu dapat mencoba fitur-fitur baru yang belum di-rilis sepenuhnya pada versi stabil.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment