≡ Menu

Cara Mengaktifkan Mode Fokus di HP Samsung

Membahas mengenai Mode memang tak ada habisnya. Di ponsel Samsung Android sendiri saat ini memiliki banyak sekali mode yang bisa digunakan, hanya saja beberapa mode hanya bisa dinikmati pada seri tertentu.

Dari Mode Aman, Mudah, Istirahat, Diam, dan adapula Mode Fokus. Tentunya seluruh Mode tersebut memiliki kegunaan tersendiri yang akan membuatmu lebih nyaman dalam menggunakan ponsel pada suatu kondisi tertentu.

Pembahasan kali ini adalah tentang Mode Fokus. Fitur tersebut hadir pada ponsel Samsung yang telah menggunakan ROM One UI. Dan kemungkinan hanya seri tertentu yang bisa menggunakan fitur ini.

Apa Itu Mode Fokus?

Pada Mode Fokus, kamu bisa mengatur aplikasi mana saja yang sangat penting untuk digunakan. Sehingga aplikasi yang lain akan dinonaktifkan dan tidak muncul pada daftar aplikasi saat ini. Ini adalah cara yang sangat bagus untuk tetap fokus ketika saat bekerja, sehingga tidak teralihkan terhadap ponsel terkait notifikasi dari aplikasi yang tidak penting.

Selain digunakan untuk pekerjaan, kamu juga bisa membuat profil sendiri, misalnya fokus untuk bermain game atau fokus untuk menyendiri. Jadi kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang bisa digunakan pada saat mode tersebut aktif.

Tutorial Mengaktifkan Mode Fokus

Sebagai contoh tutorial dibawah ini, Saya akan mengaktifkan Mode Fokus untuk pekerjaan, namun pada dasarnya kamu juga bisa membuat profil sendiri untuk fokus pada hal tertentu. Berikut ini caranya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Kebiasaan Digital dan Kontrol Orang Tua.

    Ketuk Kebiasaan Digital dan Kontrol Orang Tua

  3. Gulir kebawah dan temukan Mode Fokus.

    Temukan Mode Fokus

  4. Dan ketuk pada Waktu Kerja.
  5. Sekarang pilih aplikasi mana saja yang sangat penting terhadap pekerjaan.

    Ketuk Tombol Tambah

  6. Jika sudah, ketuk tombol Mulai untuk mengaktifkannya.

    Mengaktifkan Mode Fokus di HP Samsung

  7. Selesai, kini Mode Fokus telah aktif.

Ketika mode ini aktif, seluruh aplikasi selain yang dipilih takkan bisa diakses dan ikon-nya akan berubah menjadi abu-abu. Dan kamu pun hanya akan mendapatkan notifikasi untuk aplikasi yang terpilih saja.

Baca juga: Cara Menggunakan Samsung Dex di Komputer atau Laptop

Selain tetap fokus untuk hal tertentu, dengan mengaktifkan cara ini juga dapat menghemat baterai lho, khususnya terhadap aplikasi lain yang berjalan di latar belakang.

Untuk menghentikan mode ini, kamu bisa melakukannya dari panel notifikasi. Cukup ketuk Akhiri Mode dan semua aplikasi akan dapat digunakan lagi. Dan secara keseluruhan, cara ini nyaris sama dengan Mode Istirahat yang ada di ponsel Samsung.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment