≡ Menu

Trik Mengubah Nomor IMEI pada HP Android

Trik Mengubah Nomor IMEI pada HP Android

IMEI merupakan identitas utama pada ponsel yang bersifat tetap dan tak bisa diubah. Itu juga digunakan untuk proses registrasi perangkat terhadap kartu SIM. Jika suatu ponsel tidak memiliki nomor IMEI, pastinya kartu SIM takkan bisa digunakan.

Tapi bisakah mengubah nomor IMEI? Jawabannya adalah bisa, tapi tidak semua ponsel Android dapat melakukannya. Dengan mengubah nomornya pun juga tidak melanggar selama digunakan untuk pembelajaran atau sekedar testing saja.

Kebanyakan ponsel Android dengan prosesor Mediatek dapat melakukan trik ini. Sementara itu Saya kurang menjamin jika ini berhasil untuk prosesor yang lain. Dan ada dua cara yang bisa kamu terapkan, yaitu antara dengan keadaan root atau tanpa root.

Cara Mengganti Nomor IMEI Android

Ketahui sebelumnya jika metode dengan keadaan root ini sedikit beresiko. Untuk itu sebagai jaga-jaga, silakan untuk melakukan backup penuh sistem ponselnya melalui custom recovery supaya segalanya aman. Sementara itu juga ada metode non root yang takkan beresiko apapun selama kamu mengikutinya dengan benar.

Sebelum mulai melakukannya, Saya juga ingin mengingatkan untuk melakukan backup nomor IMEI saat ini supaya tidak hilang nantinya ketika berhasil diubah.

#1. Dengan Keadaan ROOT

Pastikan ponselnya telah terpasang Xposed Framework supaya berhasil menggunakan cara ini. Jika sudah terpasang, silakan ikuti tata caranya dibawah ini:

  1. Download dan pasang aplikasi IMEI Changer Pro.
  2. Kemudian aktifkan module aplikasi tersebut di Xposed, lalu reboot ponselnya.
  3. Setelah itu buka aplikasi IMEI Changer Pro.
  4. Pada kolom New IMEI No, silakan isi dengan nomor IMEI yang baru.
  5. Setelah itu ketuk tombol APPLY untuk mengubahnya.

Aplikasi ini dapat langsung mengubah nomor IMEI tanpa harus melakukan reboot perangkat lagi. Jadi setelah melakukannya, kamu bisa langsung mengecek dengan dial *#06# untuk mengetahui nomor IMEI yang baru.

#2. Tanpa ROOT

  1. Download dan pasang aplikasi Mobile Uncle Tool.
  2. Buka aplikasi dan silakan menuju menu Engineer > Engineer Mode.
  3. Gulir kebawah dan ketuk menu CDS Information.
  4. Selanjutnya ketuk menu Radio Information. Jika ponsel kamu menggunakan dual SIM, nantinya akan muncul opsi Phone 1 dan Phone 2.
  5. Sebagai contoh disini akan mengubah IMEI ke-dua pada ponsel. Jadi silakan pilih opsi Phone 2.
  6. Dibagian atas akan tampil opsi AT+, silakan ubah menjadi format seperti ini:

    AT+(spasi)NomorIMEIBaru

    Jadi contohnya seperti dibawah ini:

    AT+ 123456789345346
  7. Tahap terakhir, ketuk tombol SEND AT COMMAND.

Seusai mengikuti cara diatas, cobalah untuk mengecek nomor IMEI-nya. Dan jika masih tidak berubah, silakan untuk me-reboot ponselnya dan kemudian cek kembali.

Baca juga: (ROOT) Trik Mengganti Device ID pada Android

Kesimpulan

Cara yang pertama sangat mudah untuk dilakukan, akan tetapi cukup beresiko apabila gagal. Untuk itulah Saya mengharapkan untuk melakukan backup penuh untuk sekedar jaga-jaga. Sementara itu cara kedua sedikit rumit untuk dilakukan, akan tetapi tidak akan berdampak apapun ketika gagal.

Apabila kamu memiliki pertanyaan mengenai tutorial diatas, ada baiknya untuk berkomentar pada kolom yang disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment