≡ Menu

Tips Aman Sebelum Mengupdate Ponsel Android

Tips Aman Sebelum Mengupdate Ponsel Android

Setiap pembaruan atau update terhadap perangkat lunak Android selalu membawa berbagai macam hal, tergantung dari vendor atau merk ponsel masing-masing. Ada yang memberikan versi Android baru, fitur baru, atau hanya sekedar pembetulan dari kesalahan-kesalahan sebelumnya.

Tentunya mengupdate ponsel akan mendapatkan kelebihan dibanding tidak sama sekali. Tapi sebelum melakukan itu, ada sesuatu yang bisa saja dilupakan oleh kebanyakan orang. Dimana itu akan mempengaruhi proses update dan juga data yang ada di ponsel.

Maka dari itu, artikel ini akan menunjukkan padamu beberapa tips aman sebelum melakukan update ponsel Android. Pastikan kamu menerapkan tips ini guna untuk membuat proses update lancar dan segalanya aman tanpa kehilangan apapun.

1. Cadangkan Data Penting

Setiap ponsel pastilah memiliki data yang terbilang penting. Seperti foto, video, kontak, SMS, dan lain sebagainya. Untuk itu, alangkah baiknya kamu mencadangkan terlebih dahulu data penting itu hanya untuk sebatas jaga-jaga.

Cadangkan Data Penting

Walau kebanyakan proses update yang dilakukan pada segala ponsel selalu berhasil tanpa ada kendala sekalipun, namun langkah ini sangat penting dilakukan untuk jaga-jaga. Karena siapa sangka jika ditengah proses update tersebut, ponsel tiba-tiba mati dan mempengaruhi sistem.

Kamu bisa mencadangkan data penting ponsel ke penyimpanan cloud atau ke kartu memori lainnya. Dengan begitu segalanya akan aman terkendali.

2. Isilah Daya Baterai Terlebih Dahulu

Hal penting yang kedua adalah mengisi daya baterai sampai 100%. Karena daya baterai berperan tinggi dalam proses update ini. Jika sampai kehabisan, pastinya proses update akan terhambat dan mempengaruhi sistem ponsel.

Mengisi Data Baterai Sebelum Mengupdate Ponsel Android

Perlu diingat bahwa jika saat proses mengupdate sampai gagal ditengah jalan akibat baterai habis, maka ponsel beresiko bootloop. Maka dari itu sangat disarankan untuk melakukan charging terlebih dahulu supaya lancar.

Baca juga: Cara Mengecek Kualitas Charger dan Baterai HP Android

3. Mengecek Review Terhadap Update Tersebut

Yang terakhir adalah memastikan pembaruan perangkat lunak tersebut tidak bermasalah. Kamu bisa mengecek review-nya di berbagai macam forum, Youtube, atau di grup Facebook sesuai tipe ponselnya.

Cek Review Sebelum Memperbarui Ponsel

Jika banyak yang telah mengupdate dan tak terjadi kendala apapun terhadap ponselnya, maka sekarang kamu siap untuk mengupdatenya juga.

Sedangkan jika banyak yang merasakan bug/kesalahan besar pada update tersebut yang mengakibatkan kekecewaan, ada baiknya untuk berfikir dulu untuk melanjutkan.

Jika pun ada kesalahan yang terbilang parah terhadap pembaruan tersebut, cukup tunggu saja pembaruan yang selanjutnya, biasanya itu tidak akan lama.

Selain diatas mungkin masih ada beberapa hal lagi yang bisa dilakukan sebelum mengupdate ponselnya, namun menurut Saya ketiga diatas adalah yang paling penting dan jangan pernah untuk melupakannya, apalagi untuk poin yang pertama.

Apabila sekiranya kamu memiliki tips yang lain, sangat dipersilakan untuk membagikannya di kolom komentar, guna untuk membantu yang lainnya supaya proses updatenya lancar dan berhasil tanpa ada masalah.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment