≡ Menu

Berbagai Cara Membuka Task Manager di PC Windows

Berbagai Cara Membuka Task Manager di PC Windows

Task Manager merupakan fitur yang sangat penting di Windows, yang memiliki kegunaan untuk mengontrol segala task atau aplikasi yang sedang berjalan. Tentunya peranan Task Manager ini sangat tinggi, karena kebanyakan orang menggunakannya untuk menghentikan suatu aplikasi yang tidak merespon.

Tak hanya itu saja, tapi banyak kegunaan yang lainnya. Seperti mendeteksi laju penggunaan koneksi, Disk, RAM, CPU dan juga GPU. Bisa juga digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan startup dari suatu aplikasi.

Tahukah kamu bahwa membuka Task Manager sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara? Ada sekitar 5 cara mudah untuk membukanya. Beberapa dari itu bisa sangat berguna sekali pada kondisi tertentu. Berikut ini Saya bagikan ke-5 cara tersebut.

Beberapa Cara Membuka Task Manager di PC

1. Melalui Windows Search

Mungkin beberapa orang masih sering membuka task manager melalui pencarian. Yakni cukup membuka Windows Search dengan menekan tombol WIN+S dan setelah itu mengetikkan Task Manager, lalu klik ENTER.

Melalui Windows Search

Tapi dibalik kemudahan cara yang pertama ini, masih ada beberapa cara mudah lainnya. Penasaran ingin mengetahuinya? silakan lanjut ke cara berikutnya.

2. Melalui Kombinasi Tombol

Kamu hanya perlu menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC secara bersamaan, dan kemudian Task Manager akan terbuka. Jika menurut saya, kebanyakan orang menggunakan cara ini karena tergolong cepat dan praktis.

Pastikan kamu menekan tombol tersebut secara bersamaan supaya berfungsi. Kombinasi tombol tersebut memang dikhususkan untuk membuka Task Manager, dan Windows pun sebenarnya telah mengatur banyak sekali tombol kombinasi dari yang pernah kita sadari. Dan ini adalah salah satunya.

3. Menjalankan Task Manager dari Windows Run

Windows Run adalah fitur yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi atau program dengan cepat. Fitur ini telah ada sejak Windows 95 dan masih ada sampai sekarang.

Untuk membuka Task Manager menggunakan Windows Run sangatlah mudah, silakan tekan tombol WIN+R untuk menampilkan dialog Box. Dan kemudian ketik taskmgr pada dialog tersebut, lalu klik OK atau ENTER.

Melalui Windows Run

4. Membuka dari Taskbar

Bahkan dari taskbar pun kamu juga bisa membuka Task Manager. Caranya juga tidak sulit, cuma perlu klik kanan pada area kosong di task bar dan kemudian pilih opsi Task Manager.

Membuka Task Manager dari Taskbar

Ini adalah cara tercepat kedua setelah kombinasi tombol, bisa dipakai untuk alternatif apabila sekiranya tangan kamu malas untuk melakukan kombinasi keyboard dan hanya ingin menggunakan mouse saja.

Baca juga: Cara Mengatasi Hilangnya Tab Menu di Task Manager PC

5. Melalui CTRL ALT DEL

Selain dipakai untuk membuka Task Manager, kombinasi tombol tersebut juga sering digunakan pada situasi darurat. Misalnya ketika Windows tidak merespon akibat masalah program lain.

Tekan CTRL+ALT+DEL pada keyboard, dan perangkat akan masuk pada halaman khusus dengan beberapa menu seperti mengunci perangkat, Logout, menonaktifkan WiFi, membuka Task Manager, dan bahkan menonaktifkan/restart komputer.

Pada situasi tertentu, kamu mungkin membutuhkan cara ini. Contohnya saat bermain game, dan game tersebut macet dan tidak mau kembali ke Desktop. Tak bisa juga membuka task manager melalui kombinasi tombol. Jadi cara satu-satunya adalah melalui cara darurat ini.

Dari ke-lima cara diatas, manakah yang paling sering kamu gunakan untuk membuka Task Manager? Kalo Saya sendiri lebih sering menggunakan tombol kombinasi sesuai cara nomor 2. Setiap orang memiliki selera kesukaan masing-masing, dan jika sekiranya kamu memiliki cara selain dari lima diatas, sangat dipersilakan untuk membagikannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment