≡ Menu

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Windows 10

Lagi-lagi membahas mengenai mode malam. Jika dihitung, ada banyak sekali artikel mengenai mode malam yang telah dibagikan di Blog Second. Dan untuk kali ini khusus untuk perangkat komputer/laptop yang menggunakan Windows 10 versi terbaru.

Mode Malam atau yang biasa dikenal sebagai Dark Mode hadir pada Windows 10 1903 keatas. Versi dibawah itu tidak akan bisa menikmati fitur ini. Dan mulai sekarang, kamu takkan silau lagi menggunakan komputer untuk aktivitas sehari-hari.

Fitur Dark Mode di Windows 10 juga bisa digabung dengan tema lain, jadi kesan gelapnya akan semakin terasa lebih. Dan ketika kamu mengaktifkan fitur ini, nyaris seluruh program bawaan Windows akan berubah menjadi gelap, tapi ada juga beberapa program yang tidak berpengaruh.

Mengaktifkan Mode Gelap pada Windows 10

Sama halnya seperti di ponsel, mode gelap hanya akan mempengaruhi program bawaan. Namun apabila suatu program mendukung tema gelap, memungkinkan itu akan aktif juga mengikuti setelan mode gelap yang ada di komputer.

Berikut ini tata cara mengaktifkannya:

  1. Pada tampilan Desktop, klik kanan dan pilih Personalize.

    Klik Personalize

  2. Kemudian klik menu Colors.

    Klik Menu Colors

  3. Lalu pada bagian Choose Your Colors, silakan atur sebagai Dark.

    Mengaktifkan Mode Gelap di Windows 10

  4. Selesai, kini mode gelap berhasil diaktifkan.

Sekarang coba buka Explorer, pasti warnanya akan berubah menjadi gelap. Beberapa program bawaan windows juga akan berpengaruh, contohnya seperti Kalkulator, Alarm, Kalender, Cuaca, Peta, dan sebagainya.

Sedangkan adapula program bawaan yang tidak berpengaruh, salah satunya seperti Notepad. Dan program dari Office365 (Word, Excel, dll) juga tidak akan berpengaruh. Semoga kedepannya bisa mendapatkan mode gelap juga.

Baca juga: Trik Aktifkan Mode Gelap di Chrome Android

Mengembalikan ke Mode Cerah

Caranya masih sama, kamu hanya perlu mengubah bagian Choose Your Colors menjadi Light, dan seketika tampilan pada Windows akan menjadi cerah lagi. Tidak perlu me-restart komputer, karena setelan akan langsung bereaksi saat itu juga.

Mode gelap cocok diaktifkan ketika menggunakan perangkat di malam hari supaya tidak terlalu silau, tapi boleh-boleh saja meski diaktifkan sepanjang waktu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment