≡ Menu

Cara Menggunakan Samsung Dex di Komputer atau Laptop

Samsung Dex adalah fitur yang hanya disediakan untuk beberapa tipe ponsel Samsung. Tidak semua ponsel dapat menikmati fitur tersebut, namun beberapa jenis di kelas medium sudah dapat menikmatinya.

Dex yang memiliki arti sebagai Desktop Experience, memungkinkan pengguna bisa mengakses segala isi ponsel di komputer layaknya emulator, sehingga mengelola segala hal dapat dilakukan lebih baik dengan layar yang lebar.

Justru kemampuan Samsung Dex lebih baik daripada emulator. Terlebih lagi perangkat akan terdeteksi sebagai ponsel sungguhan, sehingga tidak ada aplikasi lain yang menanggap bahwa kamu sedang memakai emulator di komputer maupu laptop.

Tutorial Menggunakan Samsung Dex

Sebelum mengikuti tata caranya, sangat disarankan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ponsel Samsung yang kamu gunakan mendukung fitur Dex ini. Dan untuk mengetahuinya, itu biasanya dapat ditemukan pada bagian spesifikasi di dosbook atau bisa mengeceknya secara online.

Jika ponsel mendukung, silakan ikuti langkah-langkahnya mulai dari sini.

Memasang Program Samsung Dex di Komputer atau Laptop

Download terlebih dahulu programnya melalui situs web SamsungDex.com. Ukurannya hanya sekitar 100MB saja. Kemudian instal dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Jika proses instalasi sudah selesai, silakan buka program Samsung Dex untuk menyiapkan ke langkah selanjutnya.

Menghubungkan Ponsel ke Samsung Dex

Semenjak Samsung One UI diperbarui ke versi 2.0, menghubungkan ke Samsung Dex bisa dengan mudah dilakukan melalui kabel USB saja. Berikut ini langkah mudah untuk menghubungkannya:

  1. Sambungkan ponsel ke komputer/laptop dengan kabel USB.
  2. Selanjutnya akan muncul dialog di ponsel, silakan ketuk Mulai Sekarang.

    Menekan Opsi Mulai Sekarang di Ponsel

  3. Tunggu beberapa detik dan layar ponsel akan tampil di komputer.

    Menggunakan Samsung Dex di Komputer atau Laptop

Ada kalanya dialog tersebut tidak muncul pada ponsel, itu disebabkan karena dua hal. Yang pertama adalah pengaturan USB tidak diatur sebagai Men-transfer File, untuk itu silakan pastikan kembali. Dan yang kedua disebabkan karena tidak sedang membuka program Samsung Dex.

Mengaktifkan Mentransfer File di Pengaturan USB Samsung

Jadi pastikan program Samsung Dex di PC dibuka terlebih dahulu sebelum menghubungkan kabel USB ke ponsel. Dengan begitu ponsel nantinya akan terdeteksi dan dialog untuk memulai Samsung Dex akan tampil.

Baca juga: Cara Lacak HP Samsung dengan Fitur Find My Mobile

Kesimpulan

Menggunakan Samsung Dex hampir tidak ada bedanya dengan memakai emulator, dimana pengguna bisa membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Ini sama halnya kamu sedang menggunakan komputer, hanya saja berbasis Android.

Dan sebagai saran, atur resolusi layar sebagai Full HD atau diatasnya untuk memberikan pengalaman terbaik saat menggunakannya di komputer. Jika sekiranya membuka beberapa aplikasi bersamaan terasa agak lambat, cobalah untuk mematikan mode hemat daya supaya CPU di ponsel bekerja maksimal dan meminimalisir terjadinya lag atau lemot.

Satu lagi sebelum mengakhiri artikel ini. Jadi ketika Saya menggunakan Samsung Dex, wallpaper layar kunci pada ponsel berubah kembali ke default. Mungkin kamu akan merasakan hal yang sama. Dan itu tidak masalah, karena nantinya dapat diatur lagi ke wallpaper sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap