≡ Menu

Cara Mengatur Jam dan Tanggal Secara Manual di Android

Cara Mengatur Jam dan Tanggal Secara Manual di Android

Ada dua cara untuk mengatur tanggal dan jam di Android, yaitu secara otomatis dan manual. Fitur otomatis biasanya hanya bisa diterapkan apabila terdapat kartu SIM pada ponsel dan ketika terhubung ke internet.

Sementara itu jika mengaturnya secara manual, kamu akan diberikan banyak pilihan untuk memilih zona waktu yang tepat sesuai lokasi. Dan tentunya kamu juga bisa memalsukan jam dan tanggal melalui fitur manual ini.

Pastinya tak perlu aplikasi tambahan untuk melakukannya, karena seluruh ponsel Android dapat melakukan ini dari pengaturan. Dan disini akan Saya bagikan bagaimana cara melakukannya.

Tutorial Mengatur Jam dan Tanggal Secara Manual di Android

  1. Buka pengaturan.
  2. Ketuk menu Tanggal dan Waktu.

    Ketuk Menu Tanggal dan Waktu

  3. Selanjutnya jangan aktifkan pada opsi Tanggal dan Waktu Otomatis.

    Tidak Mengaktifkan tanggal dan Waktu Otomatis

  4. Untuk mengatur jam, silakan pilih opsi Setelan Waktu.
  5. Dan untuk mengatur tanggal, silakan pilih opsi Atur Tanggal.
  6. Selesai, kini jam dan tanggal berhasil diatur sebagai manual.

Jika misalnya kamu ingin mengatur jam secara manual namun ingin agar tepat waktu sesuai di Indonesia, silakan pilih zona waktu dengan kode GMT+7. Biasanya akan muncul beberapa wilayah, seperti WIB, WITA, dan WIT.

Selama kamu memilih zona waktu dengan benar, sangat dipastikan jam yang diatur akan tepat tanpa ada kesalahan sama sekali. Dengan mengatur zona waktu, kamu tak perlu lagi menyetel tanggal dan jam lagi, alias diatur otomatis.

Baca juga: Cara Memalsukan Tanggal dan Waktu pada Suatu Program

Kenapa Tanggal dan Jam Salah Ketika Diatur Otomatis?

Sebagian orang mungkin mengalami hal sejenis ini, dimana seharusnya ponsel menampilkan waktu yang tepat ketika pengaturan tanggal dan jam diatur sebagai otomatis. Dan hal ini terkait dari dua hal yang Saya sebutkan diatas tadi, yaitu kartu SIM dan koneksi internet.

Solusinya sederhana, yang pertama adalah memastikan kartu SIM yang digunakan aktif pada ponselnya. Dan yang kedua adalah mengaktifkan koneksi internet untuk memulai sinkronisasi waktu dengan server Google.

Namun jika kedua solusi diatas tidak berhasil, maka tidak ada cara lain kecuali mengatur jam dan tanggal secara manual dan memilih zona waktu yang tepat sesuai lokasinya saat ini.

Oh iya sedikit tambahan, apabila menu Tanggal dan Waktu tidak muncul di halaman utama Pengaturan, biasanya itu ada di dalam menu bernama Manajemen Umum. Kebanyakan ponsel Samsung mungkin mengalami hal ini. Sementara kebanyakan ponsel Android lainnya langsung menampilkan menu tersebut di halaman utama pengaturan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment