≡ Menu

Solusi ID Pelanggan PLN Tidak Tersedia Ketika Dicek Online

Solusi ID Pelanggan PLN Tidak Tersedia Ketika Dicek Online

Membayar tagihan listrik kini dapat dilakukan secara mudah melalui toko online atau melalui layanan dompet virtual sejenis OVO, DANA, dan sebagainya. Yang perlu disiapkan hanyalah ID Pelanggan dan saldo untuk membayar tagihan bulan ini atau untuk pembelian token pulsa.

Tapi kadang-kadang terdapat masalah pada server PLN yang menyebabkan masalah dimana ID Pelanggan tidak terdeteksi, sehingga tak bisa dicek tagihannya. Hal serupa juga dialami oleh pengguna token pulsa, dimana token tidak masuk walau sudah menunggu lebih dari sehari.

Kendala ini tentunya sedikit meresahkan pengguna, karena niat hati ingin membayar secara mudah, akan tetapi justru malah mendapatkan kesulitan dengan notif ID Pelanggan yang tidak tersedia saat dicek secara online.

Mengapa ID Pelanggan PLN Tidak Tersedia atau Tidak Valid?

Notif tersebut sepantasnya tampil hanya ketika ID Pelanggan yang dituliskan salah. Tetapi dalam banyaknya kasus, notif itu bisa muncul akibat kesalahan server pada PLN. Sehingga meski dicek secara online dimana pun akan mendapatkan notif seperti itu.

Adapun kalanya notif itu akan tampil terhadap pelanggan yang telah diblokir, sehingga tidak bisa mengecek informasi tagihan lagi. Dalam kasus tersebut, pelanggan harus mendatangi kantor PLN untuk mendiskusikan dan menyelesaikan masalahnya seperti membayar tagihan dan juga denda supaya terlepas dari pemblokiran.

Solusi ID Pelanggan Tidak Tersedia

Jika kamu mengalami masalah ini, ada baiknya untuk tidak gusar selama listrik di rumah masih hidup. Dan solusi terbaiknya adalah menghubungi layanan PLN, bisa melalui telepon 147, melalui email [email protected], atau melalui Twitter @pln_123.

Jika tidak ingin menghubungi, kamu juga bisa mencoba untuk mengecek ID Pelanggan dari website PLN. Atau bisa juga mengecek dari aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh dari Play Store atau Apps Store.

Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

Jika kamu memilih untuk mengecek di aplikasi PLN Mobile, silakan daftarkan dulu akunnya disana sesuai prosedur, dan setelah berhasil membuat akun, silakan ikuti tata cara mengeceknya dibawah ini.

  1. Buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Masuk ke akun dengan mengetikkan kode PIN sesuai pendaftaran.

    Mengetikkan Kode PIN di Aplikasi PLN Mobile

  3. Ketuk tab Informasi.

    Klik Tab Informasi

  4. Selanjutnya pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.

    Pilih Menu Informasi Tagihan dan Token Listrik

  5. Pada kolom yang tersedia, pilih ID Pelanggannya.

    Solusi ID Pelanggan PLN Tidak Tersedia

  6. Maka dibawahnya akan tampil informasi tagihan beserta riwayatnya.

Selama muncul informasi tagihan, maka dipastikan ID pelanggan PLN milik kamu tetap aman dan tidak diblokir. Selebihnya jika ingin mengecek Informasi lengkap terkait ID Pelanggan bisa menuju tab Permohonan, lalu ketuk menu Riwayat, Status dan Progress. Setelah itu ketik ID pelanggan dan nantinya informasinya akan muncul.

Dan satu lagi, jika suatu saat kamu tidak bisa membuka aplikasi PLN Mobile seperti misalnya keluar sendiri, silakan gunakan koneksi internet lainnya. Jadi contohnya apabila sekarang memakai WiFi, cobalah untuk beralih ke data seluler.

Baca juga: Membayar Tagihan Listrik Melalui Tokopedia

Kesimpulan

Kamu bisa memastikan ID Pelanggan aman dengan menanyakan langsung ke PLN atau mengeceknya secara online di Website atau aplikasi resmi PLN. Karena masalah sejenis ini seringkali terjadi hanya karena server PLN error sementara.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap