≡ Menu

Mengatasi Tidak Bisa Masuk Halaman Admin Router WiFi

Halaman admin pada router WiFi sangatlah penting untuk mengelola berbagai hal seperti mengubah sandi, nama SSID, merestart tanpa tombol, dan masih banyak lagi. Tentunya sangat penting untuk memastikan halaman admin dapat berfungsi dengan baik supaya segala aman terkendali.

Untuk kebanyakan router, halaman adminnya dapat diakses dengan mudah melalui IP Gateway. Salah satu contohnya adalah 192.168.1.1, namun bisa juga berbeda tergantung dari setelan IP yang telah diatur.

Tapi terkadang ada masalah yang membuat pengguna tak dapat masuk ke halaman admin dengan berbagai cara. Entah itu akibat halaman tersebut tak dapat diakses di browser, atau memungkinkan username dan sandi salah meski tidak pernah mengubahnya. Dan artikel ini akan menjelaskan solusi mengatasinya.

Solusi Tidak Bisa Masuk Halaman Admin WiFi

Ada dua hal yang dibagikan disini. Yaitu solusi untuk mengatasi halaman admin yang tak dapat dibuka, atau sampai muncul timeout di browser. Dan yang kedua adalah akibat user password salah meski sudah mengetiknya dengan benar. Silakan pilih sesuai masalah yang dialami sekarang.

Muncul Timeout Saat Diakses

Kendala ini sering disebabkan karena kesalahan internal, yang mana biasanya akan pulih hanya dengan me-restart router secara manual dengan tombol. Akan tetapi jika tidak berhasil, silakan ikuti sedikit langkah dibawah ini.

1. Sambungkan WiFi dengan Mode Statis

Ada mode Dinamis dan Statis yang bisa digunakan untuk menyambung ke jaringan WiFi. Jika dinamis merupakan setelan untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis dari router, sedangkan statis merupakan setelan untuk mengatur alamat IP secara manual.

Jadi dengan mode Statis tersebut, kamu bisa mengatur sendiri alamat IP perangkat dan juga IP Gateway. Silakan atur dengan benar alamat IPnya supaya bisa terhubung ke internet. Jika sekiranya sudah terhubung, cobalah untuk membuka halaman admin sekali lagi melalui IP Gateway.

2. Menyambung dengan Kabel LAN

Setiap router WiFi pasti memiliki port LAN (RJ45) yang berfungsi untuk menyambung langsung ke jaringan dan bisa juga mengakses segala hal pada router. Jadi siapkan laptop dan kabel LAN, kemudian sambungkan ke router.

Seketika jaringan lokal akan terdeteksi dan kamu bisa langsung mencoba untuk membuka halaman admin dari browser. Silakan cek, apakah sekarang masih muncul timeout?

Saya sarankan untuk memasuki halaman admin router melalui IP dan tidak dengan domain atau alamat web yang tertulis pada router. Sebagai contohnya seperti “tplinkwifi.net“, karena memungkinkan itulah kendalanya.

Jika tidak tahu cara mengecek IP Gateway, silakan buka Command Prompt dan ketik ipconfig /all, nantinya IP Gateway akan tampil pada bagian Default Gateway dan silakan akses melalui browser.

Mengambil IP Gateway Melalui CMD untuk Masuk ke Halaman Admin

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome

Username dan Password Salah Saat Masuk ke Halaman Admin

Ini jauh berbeda dari kendala pertama diatas, karena kondisinya pengguna dapat mengakses ke halaman admin, hanya saja tidak bisa memasuki atau login ke dalam. Satu-satunya masalah adalah terdapat seseorang yang telah mengubahnya akhir-akhir ini.

Jadi untuk mengatasinya adalah me-reset router secara manual dengan cara memencet tombol kecil yang terdapat dibagian belakang router dengan jarum kecil. Namun cara ini akan beresiko setelan WiFi sebelumnya akan menghilang, sehingga harus mengaturnya lagi dari awal.

Jika tidak tahu dimana tombol resetnya, berikut ini contoh gambarnya (tombol berada di sebuah lubang).

Tombol Reset di Router WiFi

Pencet tombol tersebut sekitar 15 detik pada kondisi router menyala, dan setelah itu perangkat akan me-reboot dan kembali seperti semula.

Selanjutnya silakan masuk ke halaman admin dengan informasi default (biasanya admin & admin). Pasti kini pengguna dapat masuk dan bisa mengatur ulang segala setelan WiFi seperti sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment