≡ Menu

Solusi Ponsel Mati Tiba-Tiba Ketika Menelpon di WhatsApp

Solusi Ponsel Mati Tiba-Tiba Ketika Menelpon di WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi chatting dan telepon yang dapat dinikmati secara gratis. Semenjak ditiadakannya BBM, justru WhatsApp memiliki pengguna yang jauh lebih banyak di Indonesia. Dan sampai sekarang fitur pada dalam aplikasi tersebut terus saja bertambah guna untuk membuat pengguna tetap nyaman dalam menggunakannya.

Sebenarnya WhatsApp tak memiliki masalah atau bug yang terlalu fatal. Tapi adapun seseorang yang kadang memiliki kendala lain yang terkait dengan aplikasi chat tersebut. Salah satunya adalah ponsel mati secara tiba-tiba ketika melakukan panggilan telepon di WhatsApp.

Baik itu langsung mati (shutdown), atau kadang restart-restart sendiri. Dan Saya pastikan bahwa masalah ini bukan berasal dari aplikasi WhatsApp, melainkan dari hal lain pada ponsel. Jika kamu mengalamai masalah ini juga, silakan terus simak artikel ini untuk mengetahui solusinya.

Mengatasi Ponsel Mati Tiba-Tiba Ketika Menelpon di WhatsApp

Kendala yang biasanya terjadi sebenarnya bukan disebabkan dari aplikasi WhatsApp, melainkan dari software ponsel yang bermasalah. Tapi dengan memperbaruinya, pasti kendala ini akan hilang dan ponsel akan tetap aman ketika menelpon.

Jadi solusi utama yang paling saya sarankan adalah memperbarui perangkat lunak ponselnya. Tata caranya bisa bervariasi dari jenis/tipe ponsel. Tapi kamu bisa menemukan fitur pembaruan tersebut pada Pengaturan > Update Perangkat Lunak.

Update Perangkat Lunak di Ponsel

Pastikan ponsel kamu terhubung ke internet dan memilki koneksi yang stabil supaya proses pembaruan berjalan lancar. Selain itu pastikan pula bahwa baterai kamu diatas 70% sebelum memulai pembaruan.

Apabila perangkat lunak telah diperbarui, silakan coba melakukan panggilan telepon lagi di WhatsApp untuk mengetahui hasilnya.

Akibat Sensor Proximity Bermasalah

Apabila kejadiannya disebabkan karena sensor proximity, pastinya hal ini tak hanya terjadi di aplikasi WhatsApp saja, melainkan untuk panggilan telepon biasa juga berpengaruh.

Kegunaan dari sensor proximity adalah meredupkan layar ketika sensor ini berpapasan dengan objek didekatnya. Sebagai contohnya adalah mengangkat ponsel ditelinga. Jadi layar akan otomatis langsung redup dan tidak terus menyala.

Di lain sisi apabila sensor ini bermasalah, maka kendala ponsel tiba-tiba mati atau restart dapat saja terjadi. Ini termasuk dari hard-brick dan susah untuk dibetulkan secara mandiri. Tapi masih ada cara untuk mengakalinya.

Solusinya adalah tidak menggunakan sensor proximity ketika melakukan telepon, jadi cobalah untuk tidak menghadapkan ponsel di telinga, alias mengangkat ponsel didepan muka sambil mengaktifkan loud speaker.

Dari banyaknya kasus, cara ini cukup efektif, namun pastinya kurang bagus untuk melindungi privasi saat bertelepon, karena harus mengaktifkan loud speaker supaya suara terdengar jelas.

Baca juga: Solusi Telepon Anda Sedang Roaming Ketika Backup Chat di WhatsApp

Kesimpulan

Kamu bisa mencoba cara yang utama diatas terlebih dahulu, sebab beberapa pengguna memberikan respon positif apabila masalahnya hanya dari sisi perangkat lunak saja. Sementara itu apabila kendalanya disebabkan dari sensor proximity, maka cobalah menelpon dengan mengaktifkan loud speaker seperti yang telah dijelaskan diatas.

Apabila kendalanya sudah masuk pada sisi hardware, kamu bisa mencoba untuk mendatangi tukang servis terdekat untuk mengatasinya. Atau langsung menuju ke service center sesuai merk ponselnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap