≡ Menu

Cara Mengaktifkan Mode Hemat Daya di Windows 10

Cara Mengaktifkan Mode Hemat Daya di Windows 10

Rata-rata daya baterai laptop dapat bertahan sekitar 2 sampai 3 jam, namun itu juga tergantung dari penggunaan. Jika dipakai untuk bermain game, mungkin baterai akan lebih cepat habis daripada penggunaan normal seperti mengetik.

Windows juga telah lama menyediakan fitur hemat daya, namun fitur tersebut secara default aktif hanya ketika daya baterai dalam kondisi dibawah 20%. Namun di Windows 10, kamu bisa menyetelnya supaya bisa aktif pada persentase yang diinginkan, bahkan meski 100% sekalipun.

Ketika fitur hemat daya aktif, maka secara otomatis sistem akan membatasi jumlah aktivitas atau task dari suatu program yang berjalan di latar belakang. Selain itu, kecerahan layar juga akan dikurangi.

Tutorial Mengaktifkan Mode Hemat Daya di Windows 10

Cara yang dibagikan disini ditujukan untuk Windows 10. Terdapat dua cara untuk melakukannya, dan cara pertama lah yang paling Saya sarankan untuk diterapkan, karena kamu bisa menyetel beberapa hal untuk terhadap fitur ini.

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu System.

    Klik Menu System

  3. Setelah itu klik menu Battery.

    Klik Menu Battery

  4. Hidupkan opsi Turn battery saver on automatically if my battery falls bellow.

    Mengaktifkan Mode Hemat Daya di Windows 10

  5. Nah setelah itu atur jumlah persentase kapan mode hemat daya ini akan diaktifkan.

Misalnya kamu mengaturnya sebagai 100%, maka sepanjang waktu laptop akan berada di mode hemat daya. Itu tidak masalah, namun tentunya terdapat sedikit penurunan performa apabila perangkat digunakan untuk melakukan multitasking yang terlalu tinggi.

Baca juga: 4 Tips Menghemat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Habis

Menghidupkan Fitur Hemat Daya Melalui Toolbar

Cara kedua ini sangat singkat, namun perbedaanya adalah tidak banyak opsi yang bisa diatur. Jadi ini hanya sebatas tombol ON dan OFF saja untuk mengontrol mode hemat daya.

Silakan klik pada ikon baterai di toolbar, setelah itu ubah Power Mode menjadi Best Battery Life. Setelah mengaturnya, kini laptop telah memasuki mode hemat daya.

Menghidupkan Fitur Hemat Daya di Windows 10

Dan satu lagi sebelum mengakhiri ini. Untuk mengecek berhasil tidaknya, pastikan laptop kamu tidak dalam kondisi di-charge. Biasanya kecerahan pada layar akan redup sedikit setelah mengaktifkan mode hemat daya dan juga terdapat perbedaan ikon baterai di toolbar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment