≡ Menu

Cara Membuat Gambar HDR 360° dengan HP Android

Cara Membuat Gambar HDR 360° dengan HP Android

Pada dasarnya membuat gambar HDR 360 memerlukan alat khusus untuk menjadikannya sempurna. Dan gambar HDRI sendiri diperlukan karena pencahayaannya yang tepat pada suatu scene. Sebagai contohnya pembuatan model 3D untuk keperluan VFX supaya.

Tapi apakah bisa membuat gambar HDR 360° menggunakan ponsel Android? Dan jawabannya adalah BISA, namun kekurangannya adalah kamu harus melakukannya secara teliti, dan itu membutuhkan waktu yang sedikit lama supaya hasilnya sempurna.

Proses pembuatannya nyaris sama seperti menggunakan mode panorama di kamera ponsel, dan cara yang Saya bagikan disini akan membutuhkan aplikasi tambahan yang telah disediakan gratis oleh Google.

Tutorial Membuat Gambar HDR 360° Melalui Android

Aplikasi yang perlu dipasang adalah Google Street View, silakan unduh aplikasi tersebut melalui Play Store. Terdapat fitur untuk pengambilan gambar 360 derajat yang menurut Saya mudah untuk digunakan, namun juga membutuhkan ketelitian supaya hasilnya memuaskan.

  1. Buka aplikasi Google Street View.
  2. Ketuk ikon kamera dipojok kanan bawah.

    Ketuk Ikon Kamera

  3. Lalu pilih pada opsi Take Photo Sphere.

    Pilih opsi Take Photo Sphere

  4. Sekarang silakan ikuti tanda titik yang muncul untuk mengambil setiap gambar disekitar.

    Membuat Gambar HDR 360 Derajat di Android

  5. Jika sudah selesai, silakan ketuk tombol centang untuk menyimpannya.
  6. Selesai, hasil gambar 360 derajat dapat kamu lihat di folder Pictures/Panoramas

Pembuatan gambar 360° akan lebih mudah dan sempurna pada kondisi wilayah yang luas. Dan gambar yang kamu buat akan tersimpan dalam format JPG. Dan walaupun formatnya bukan HDR atau EXR, namun hasilnya juga cukup baik dan detail, mungkin juga tergantung dari kualitas kamera di ponselnya.

Baca juga: Cara Mengubah File Gambar EPS Menjadi PNG

Akhir Kata

Untuk kali pertamanya, mungkin hasil gambar yang kamu buat tidak sempurna seperti yang diharapkan. Namun selama kamu mencobanya terus-menerus, pasti hasilnya akan lebih baik. Dan didalam aplikasinya juga terdapat fitur untuk melakukan undo apabila tangkapan gambar tidak tepat.

Untuk pengambilan gambar 360 di wilayah yang luas seperti di lapangan mungkin takkan menjadi kendala. Tapi jika lokasinya tidak luas, kamu akan perlu untuk berpindah-pindah sisi untuk menentukan jarak pengambilan gambar yang tepat.

Aplikasi Google Street View juga memiliki fitur untuk menghubungkan ke kamera 360 external. Jika kamu memilikinya, itu akan membuat proses semakin mudah dan cepat tanpa harus mengambil foto satu-per-satu lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment