≡ Menu

Cara Mengaktifkan Fitur Smart Lock di Samsung

Cara Mengaktifkan Fitur Smart Lock di Samsung

Pasti sudah tahu kan apa itu fitur Smart Lock? Fitur tersebut biasanya hadir di kebanyakan launcher, yang berfungsi untuk mengunci ponsel secara pintar. Tapi ada perbedaan jika dibandingkan dengan fitur Smart Lock yang ada di ponsel Samsung.

Di Samsung, tepatnya sejak One UI versi 1.0 telah tersedia fitur Smart Lock yang akan mengontrol fitur kunci pada ponsel secara pintar. Ada beberapa pilihan yang dapat kamu terapkan. Inilah yang membedakannya dengan fitur yang ada di launcher kebanyakan.

Maksud dari mengontrol ini merujuk pada kenyamanan pengguna. Khususnya bagi yang mengaktifkan PIN atau POLA. Sebagai contohnya adalah ketika ponsel sedang digunakan dan layar tiba-tiba redup. Biasanya sistem akan langsung mengunci layar saat itu juga, namun ketika Smart Lock diaktifkan, ponsel tidak akan terkunci PIN/POLA apabila sedang digunakan.

Jenis-Jenis Smart Lock pada Samsung

Sampai disini Saya asumsikan bahwa kamu telah mengerti apa itu Smart Lock. Tapi Saya pun juga akan menjelaskan beberapa jenis Smart Lock yang tersedia di ponsel Samsung. Sehingga kamu dapat memilih salah satu dari itu sesuai kebutuhan.

1. Deteksi Tubuh

Selama ponsel mendeteksi adanya gerakan, maka sistem tidak akan mengunci ponsel meski layarnya redup. Jadi ketika akan menghidupkan ponsel, kamu tidak akan ditanyai PIN atau POLA lagi, dan bisa langsung menggesernya saja.

Dan sebaliknya apabila ponsel tidak mendeteksi adanya gerakan pada tubuh, maka sistem akan mengunci layar secara penuh. Salah satu contohnya adalah meletakkan ponsel di meja.

2. Tempat Terpercaya

Fitur ini mengharuskan kamu untuk mengaktifkan Lokasi atau GPS pada ponsel untuk bisa menggunakannya. Jadi ponsel kamu tidak akan terkunci apabila berada pada daerah yang telah dipilih.

Sementara itu untuk daerah yang tidak dipilih, pastilah ponsel akan tetap terkunci penuh saat layarnya redup.

Baca juga: Cara Mengatasi Lokasi GPS Tidak Terdeteksi di Android

3. Perangkat Terpercaya

Dan yang terakhir adalah pendeteksi perangkat terpercaya. Kali ini menggunakan bantuan Bluetooth, jadi Bluetooth pada ponsel harus tetap hidup untuk bisa menggunakan fitur ini. Dan fungsionalnya pun sangatlah sederhana.

Kamu hanya perlu menyiapkan perangkat terdekat yang menggunakan Bluetooth, contohnya seperti Jam Tangan Bluetooth, Headset Bluetooth, dan sebagainya. Jadi ketika ponsel mendeteksi adanya perangkat tersebut didekatnya, maka sistem takkan mengunci ponsel saat layarnya redup.

Jangkauan maksimal Bluetooth adalah sekitar 100 meter. Jadi jika ponsel jauh dari perangkat terpercaya, sistem akan langsung mengunci layar secara penuh.

Cara Mengaktifkan Fitur Smart Lock di Ponsel Samsung

Apabila kamu sudah memilih salah satu dari jenis-jenis diatas, maka yang perlu dilakukan sekarang adalah menerapkannya ke ponsel. Berikut ini tutorialnya, silakan disimak dengan baik.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Gulir kebawah dan ketuk menu Kunci Layar.

    Ketuk Menu Kunci Layar

  3. Kemudian ketuk menu Smart Lock.

    Ketuk Menu Smart Lock

  4. Maka ponsel akan meminta informasi PIN/POLA yang digunakan sekarang.
  5. Dan sekarang kamu dapat memilih salah satu jenis Smart Lock yang ingin diaktifkan.

    Mengaktifkan Fitur Smart Lock di Samsung

Jika ingin menggunakan Deteksi Tubuh, disana akan terdapat opsi untuk mengaktifkan. Sementara apabila kamu ingin menggunakan Tempat Terpercaya atau Perangkat Terpercaya, maka akan ada sedikit prosedur untuk mulai mengaktifkannya dan sekaligus untuk mengaturnya.

Jadi sudahkah kamu memilih Smart Lock yang tepat? Dari ketiga itu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yang pasti fitur ini dapat menambah kenyamanan bagi pengguna saat menggunakan ponsel. Saya sendiri menggunakan opsi Deteksi Tubuh karena itu sudah cukup nyaman untuk penggunaan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap