≡ Menu

Cara Memindahkan Akun Google Authenticator ke Ponsel Lain

Cara Memindahkan Akun Google Authenticator ke Ponsel Lain

Google Authenticator adalah aplikasi keamanan yang sangat populer dan sering kali digunakan pada suatu website sebagai fitur Autentikasi 2 Factor. Menggunakan aplikasi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihannya adalah penggunaan yang mudah, bahkan bisa diakses secara offline sekalipun. Namun kekurangannya adalah pengguna tidak bisa membuka suatu akun yang ter-integrasi dengan authenticator ini apabila ponsel dalam keadaan hilang, kecuali jika memiliki kode cadangan.

Dan juga ada kelebihan lainnya, dimana kamu bisa men-transfer seluruh atau sebagian akun di Google Authenticator ke ponsel yang lain. Jadi sebagai contoh ponselnya ingin direset, maka men-transfer terlebih dahulu ke ponsel lain adalah sesuatu yang diperlukan supaya tidak kehilangan akses ke akun yang ter-integrasi.

Tutorial Men-Transfer Akun di Google Authenticator

Fitur untuk melakukan transfer atau memindahkan akun ini hanya tersedia di versi terbaru, jadi silakan update terlebih dahulu aplikasi Google Authenticator di Play Store atau Apps Store sebelum mengikuti tutorialnya.

Jika aplikasinya sudah diperbarui, silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Authenticator.
  2. Ketuk opsi titik tiga dibagian kanan atas.
  3. Dan pilih menu Transfer Accounts.

    Pilih Menu Transfer Accounts

  4. Selanjutnya ketuk menu Export Accounts.

    Memindahkan Google Authenticator ke Ponsel Lain

  5. Pilih akun mana yang ingin dipindahkan, dan setelah itu ketuk tombol Next.
  6. Kini kode QR akan muncul dan siap di-scan melalui ponsel satunya.

Sampai disini, yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Authenticator pada ponsel satunya dan ikuti tata cara diatas sampai langkah ke-3. Setelah itu kamu harus memilih opsi Import Accounts. Maka kamera akan muncul, dan silakan scan kode QR yang tampil tadi.

Baca juga: Ok Google Tidak Berfungsi? Lakukan Cara Ini

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kamu hanya perlu memanfaatkan fitur Export dan Import untuk bisa memindahkan akunnya secara aman. Setelah berhasil memindahkannya, pasti akun pada ponsel yang lama akan menghilang dan langsung beralih ke ponsel satunya.

Dan satu tambahan lagi untuk jaga-jaga. Silakan resync waktu pada Google Authenticator setelah memindahkannya supaya tidak ada kesalahan dalam memunculkan kodenya, alias supaya tepat waktu. Untuk caranya, silakan menuju Settings pada aplikasi, dan kemudian pilih Time Correction for Codes, lalu pilih opsi Sync Now. Pastikan juga koneksi internet hidup untuk melakukannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap