≡ Menu

Mengatasi Tidak Bisa Buka Command Prompt (CMD) di PC

Mengatasi Tidak Bisa Buka Command Prompt (CMD) di PC

Peranan dari alat bernama Command Prompt yang ada di komputer sangatlah tinggi. Walaupun Microsoft telah menyediakan alternatif, yaitu Powershell, namun terasa kurang lengkap apabila tak ada CMD juga. Karena mengoperasikan dengan CMD bisa dibilang lebih sederhana daripada melalui Powershell.

Tak cuma sederhana saja, tapi CMD juga multifungsi, yang mana banyak program lain yang dapat dijalankan melalui perintah CMD. Tapi adapun kalanya CMD tersebut tak bisa dibuka, sehingga dengan cara apapun kamu takkan bisa menggunakannya.

Salah satu penyebabnya adalah malfungsi pada sistem. Sehingga file EXE dari CMD mengalami kerusakan yang berdampak tak dapat dibuka. Hal ini masih dapat diatasi, dan apabila kamu sedang mengalaminya, silakan simak dengan baik artikel ini.

1. Lakukan System Restore

Cara yang paling mudah dan tentunya ampuh adalah mengembalikan file sistem menjadi seperti hari sebelumnya. Jadi bukan berarti ini mengembalikannya seperti sedia kala, hanya saja tergantung dari pembuatan system restore point yang ada di komputer.

Untuk melakukan system restore, silakan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Klik kanan pada My Computer atau This PC, dan pilih Properties.
  2. Silakan klik menu System Protection.
  3. Lalu pilih tombol System Restore.
  4. Akan muncul jendela baru dengan intruksi, silakan ikuti sampai selesai.

Restore Point selalu dibuat oleh Windows secara otomatis ketika terdapat pembaruan atau windows update. Jadi kamu pasti akan menemukan restore point disana yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Didalam restore point itu terdapat file sistem yang telah dicadangkan. Itu juga termasuk file CMD.EXE yang sekiranya masih berfungsi dengan baik. Dan proses melakukan ini tergantung dari besarnya ukuran restore point itu sendiri. Tapi kurang lebihnya adalah 10 menit, jika memakai SSD tentunya lebih cepat.

2. Scan File Sistem Melalui Safe Mode

Barangkali kamu tidak dapat melakukan langkah diatas atau sedang tidak memiliki restore point untuk melanjutkannya. Namun pada dasarnya Windows juga menyediakan fitur untuk memulihkan file sistem yang sekiranya hilang atau bermasalah.

Nah, memulihkan file sistem ini bisa dilakukan melalui Command Prompt. Tapi berhubungan itu tak bisa dibuka, maka solusinya adalah melalui Safe Mode. Dan pada Safe Mode pasti CMD dapat dibuka secara normal.

Jadi silakan masuk ke Safe Mode terlebih dahulu, kemudian buka Command Prompt sebagai Administrator. Lalu jalankan perintah dibawah ini untuk mulai menganalisa file sistem.

sfc /scannow

Tunggu prosesnya selesai, ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama, tapi itu sepadan karena Windows pun akan langsung memulihkan file sistem yang bermasalah.

Walau memindai file sistem juga bisa dilakukan dari Powershell, tapi beberapa orang di forum Microsoft mengatakan bahwa itu kurang maksimal, sehingga Saya lebih menyarankan untuk melakukannya di CMD melalui Safe Mode.

Baca juga: Cara Mengatasi CMD (Command Prompt) Hilang di Windows 7

3. Memasang Manual File CMD.EXE di Sistem

Cara ketiga, merupakan cara terakhir yang menurut Saya sendiri kurang direkomendasikan. Jadi apabila hanya file CMD.EXE yang bermasalah, kamu sebenarnya dapat dengan mudah menggantinya dengan file yang baru.

Ada situs di internet, yaitu OriginalDLL yang menyediakan file CMD.EXE original oleh Windows. Silakan unduh dan pindahkan file itu ke direktori sistem.

Untuk direktori sistem Windows berbasis 32-bit, itu berada di C:\Windows\System32\. Sedangkan untuk Windows berbasis 64-bit, direktorinya adalah C:\Windows\SysWOW64.

Jika sudah menaruh file CMD disana, kini silakan coba buka kembali Command Prompt, pastinya sudah dapat terbuka dengan baik.

Mengapa Saya tidak merekomendasikan cara ketiga ini, karena file sistem yang diunduh hashnya tidak sama original apabila dicek melalui SFC. Namun tak perlu khawatir, karena filenya benar-benar aman dan terbebas dari virus.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap