≡ Menu

Cara Mengaktifkan Mac Acak di Ponsel Android

Ada fitur baru lagi yang ada di Android, yaitu Mac Acak (Randomize Mac) yang berguna untuk kepentingan privasi perangkat terhadap jaringan publik. Fitur tersebut bisa dinikmati mulai dari Android 10 keatas.

Fitur ini nyaris sama dengan yang ada di Windows 10. Jadi dengan mengaktifkannya, perangkat kamu akan tersambung sebagai perangkat yang tidak dikenali oleh router tersebut. Sehingga router takkan pernah tahu jenis perangkat apa yang tersambung saat ini.

Di lain sisi dengan mengaktifkan Mac Acak, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lain. Yang pasti, pengguna Android kini tidak perlu membutuhkan alat atau aplikasi lain untuk membuat perubahan terhadap Alamat Mac di ponselnya, dan bisa memakai fitur ini.

Cara Mengaktifkan Mac Acak di Ponsel Android

Apa Itu Mac Acak dan Apa Saja Kegunaannya?

Setiap perangkat memiliki Alamat Mac yang berbeda-beda yang berguna sebagai identitas jaringan untuk menghubung ke WiFi. Dan pemilik router tentunya dapat mengetahui alamat Mac mana saja yang sedang terhubung sekarang ini.

Sementara itu Mac Acak merupakan fitur untuk membuat alamat Mac menjadi berbeda dari sebelumnya. Setiap kali akan terhubung ke suatu jaringan WiFi, perangkat akan membuat alamat Mac yang baru. Sehingga router takkan mendeteksi jika perangkat itu pernah terhubung sebelumnya.

Jadi misalnya terdapat router yang mem-filter alamat Mac original pada ponsel kamu supaya tidak dapat tersambung, dengan bantuan fitur ini, ponsel kamu akan terlepas dari filter itu.

Cara Mengaktifkan Fitur Mac Acak

Sebelum mengikuti tata caranya, pastikan saat ini ponsel kamu telah menggunakan Android versi 10 atau diatasnya. Untuk mengecek versi Android, silakan menuju menu Tentang Ponsel di Pengaturan.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan Mac Acak di Android:

  1. Silakan buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Koneksi.

    Ketuk Menu Koneksi

  3. Dan ketuk menu Wi-Fi.

    Menuju Menu Wi-Fi

  4. Hidupkan WiFi dan pilih salah satu nama WiFi yang akan dihubungkan.

    Pilih Salah Satu Nama WiFi

  5. Ketuk opsi Tipe Alamat MAC.

    Ketuk Opsi Tipe Alamat Mac

  6. Dan pilih Mac Acak.

    Mengaktifkan Mac Acak di Android

  7. Lanjutkan untuk mengisi password WiFi dan sambungkan.

Setelah terhubung, kini alamat Mac pada ponsel kamu akan berganti dan tidak lagi menggunakan yang original. Untuk beberapa ponsel, pengguna dapat melihat alamat Mac yang dipakai sekarang ini, tapi sebagian tidak menyediakannya.

Satu-satunya cara ampuh untuk mengetahui berhasil tidaknya adalah menggunakan bantuan aplikasi semacam WiFi Scanner. Biasanya disana akan disediakan keterangan lengkap terhadap perangkat yang terhubung. Misalnya IP, Alamat Mac, dan juga Vendor ponsel. Silakan dicocokkan dengan alamat Mac yang original.

Baca juga: Cara Mengetahui Mac Address di Android dan PC

Kesimpulan

Fitur Mac Acak bermaksud untuk menjaga privasi ponsel supaya tidak dikenali oleh router. Ini layaknya menggunakan VPN untuk terhubung ke internet. Dan kamu masih menerapkan fitur tersebut pada jaringan WiFi Publik.

Tapi jika menggunakan WiFi milik pribadi, sepertinya tidak perlu mengaktifkan fitur ini. Kecuali jika jaringan itu dipakai beberengan untuk usaha, misalnya warung, atau sebagainya, mungkin kamu akan perlu untuk mengaktifkannya.

Dan jika ada pertanyaan lain mengenai Mac Acak, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment