≡ Menu

Cara Mengubah Password Gmail dengan Mudah

Cara Mengubah Password Gmail dengan Mudah

Gmail merupakan layanan email yang disediakan oleh Google. Sangat penting untuk mengubah password atau kata sandi pada akun Gmail secara rutin untuk melindungi seluruh akun yang terhubung dengan email tersebut.

Walau Google telah menyediakan keamanan yang ketat, akan tetapi siapa saja dapat masuk ke akun email apabila mengetahui sandinya. Untuk itu pastikan tidak ada seseorang pun yang mengetahui password kamu.

Jika kamu merasa khawatir password yang digunakan sekarang tidak aman, maka langkah terbaik yang harus dilakukan adalah mengubah password tersebut. Dan pada artikel ini akan dijelaskan tata caranya.

Tutorial Mengubah Password Gmail

Atau lebih tepatnya mengubah password akun Google. Jadi pengubahan password ini akan berpengaruh terhadap seluruh produk Google, baik itu Youtube, Drive, dan lain sebagainya. Berikut ini tata cara mengubah password akun Google/Gmail, silakan simak dan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Silakan masuk ke Halaman myaccount.google.com.
  2. Klik pada menu Info Pribadi.

    Klik Menu Info Pribadi

  3. Gulir kebawah dan klik pada opsi Sandi.

    Klik Opsi Sandi

  4. Google akan meminta untuk menuliskan password saat ini sebelum melanjutkan.

    Memasukkan Sandi Saat Ini

  5. Setelah itu akan muncul kolom untuk mengubah password yang baru.

    Mengubah Password Gmail

  6. Jika sudah mengatur password yang baru, klik tombol UBAH SANDI.

    Cara Mengganti Password Gmail

  7. Selesai, password akun Gmail berhasil diubah.

Mulai sekarang password yang lama pada akun takkan bisa digunakan lagi. Dan seluruh perangkat yang saat itu terhubung dengan akun tersebut akan keluar secara otomatis dan meminta untuk memasukkan password yang baru.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Bagaimana Jika Lupa Password Gmail?

Tutorial diatas dijelaskan pada kondisi akun Google/Gmail yang masih dapat diakses dengan baik. Sementara itu apabila kamu sudah lupa terhadap password akunnya, maka tidak ada cara lain kecuali menggunkaan opsi Lupa Kata Sandi yang telah disediakan.

Mengatasi akun Gmail yang lupa sandinya memang tidak mustahil, akan tetapi sangat sulit sekali. Sebab terdapat beberapa hal yang harus dijawab dengan benar. contohnya tanggal pembuatan akun, tanggal terakhir kali pergantian sandi, dan sebagainya. Itu akan sulit sekali dilakukan, mengingat kita kadang tidak peduli terhadap tanggal pembuatan akun.

Sebagai saran, simpan password yang baru di buku. Hindari untuk menyimpan password di file teks, atau bahkan di draf pesan, karena itu sangat mengkhawatirkan. Atau jika memungkinkan, simpan password di pikiran, itu akan menjamin akun kamu benar-benar aman.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap