≡ Menu

Mengatasi Icon Bluetooth Tidak Muncul di Windows 10

Mengatasi Icon Bluetooth Tidak Muncul di Windows 10

Meski fitur Bluetooth pada Windows jarang digunakan karena sudah ada kabel data yang lebih efisien dalam pengiriman file, akan tetapi terasa tidak lengkap jika fitur tersebut ditinggalkan. Untuk pengiriman file kecil seperti dokumen atau gambar, memakai Bluetooth jauh lebih praktis dan tidak ribet.

Jika di Windows 10, fitur Bluetooth dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui Panel Notifikasi. Namun bagaimana jika sudah menghidupkannya tapi icon Bluetooth tetap tidak muncul pada toolbar? Pasti itu akan mempersulit apabila ingin mengirim suatu file.

Tapi tak usah khawatir, karena terkadang hilangnya icon Bluetooth tersebut disebabkan karena kesalahan saat meng-klik sesuatu, sehingga icon tersebut disembunyikan dan tidak tampil lagi. Sementara itu, kamu masih dapat menampilkan ulang icon tersebut, dan tata caranya akan dibagikan di artikel ini.

Solusi Icon Bluetooth Tidak Muncul di Toolbar Windows 10

Untuk memastikannya terlebih dahulu, pastikan kamu telah menghidupkan Bluetooth melalui Panel Notifikasi. Karena barangkali kamu lupa belum mengaktifkan fiturnya, sehingga iconnya tidak muncul.

Apabila sudah dihidupkan tapi iconnya tetap tidak muncul, silakan ikuti tata cara dibawah ini untuk membuat icon Bluetooth tampil kembali di Toolbar.

  1. Silakan masuk ke Pengaturan Windows.
  2. Pilih Devices.

    Pilih Devices di Pengaturan Windows 10

  3. Klik pada Bluetooth & Other Devices.

    Klik Bluetooth and Other Devices

  4. Gulir kebawah dan klik menu More Bluetooth Options.

    Klik Menu More Bluetooth Options di Windows 10

  5. Selanjutnya beri centang pada opsi Show The Bluetooth Icon in The Notification Area.

    Mengatasi Icon Bluetooth Tidak Muncul di Windows 10

  6. Tahap terakhir, klik tombol OK.

Setelah mengikuti langkah diatas, pasti icon Bluetooth akan muncul kembali seperti semula. Kini kamu bisa melakukan tindakan dengan fitur Bluetooth seperti biasanya melalui icon tersebut.

Baca juga: Kirim dan Terima File Melalui Bluetooth di Windows 10

Akibat Bluetooth Tidak Bisa Dihidupkan

Kendala diatas tadi lebih sering terjadi dibandingkan yang ini. Jika fitur Bluetooth tidak bisa dihidupkan, itu pertanda bahwa terdapat kesalahan pada sistem, dan untuk mengatasi kendala ini tidaklah cepat.

Solusi yang pertama adalah melakukan troubleshoot. Itu bisa ditemui pada pengaturan. Sistem windows akan menganalisa penyebab Bluetooth yang tidak bisa diaktifkan, dan memulihkannya apabila memungkinkan.

Solusi yang kedua adalah melakukan downgrade versi driver Bluetooth yang digunakan. Karena siapa tahu baru-baru ini terdapat pembaruan driver yang mempengaruhi kinerja Bluetooth.

Caranya sangat mudah, silakan menuju Device Manager, klik dua kali pada driver Bluetooth saat ini. Setelah itu klik tombol Uninstall Driver dan restart perangkat.

Uninstall Driver Bluetooth

Saat booting, sistem akan menginstal otomatis driver Bluetooth dengan versi bawaan. Setelah itu pasti fitur Bluetooth bisa digunakan dengan normal layaknya pertama kali menggunakannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment