≡ Menu

Cara Ampuh Mengatasi Layar Kuning pada Windows 10

Cara Ampuh Mengatasi Layar Kuning pada Windows 10

Bukankah menyebalkan apabila kita tidak dapat melihat sesuatu seperti apa yang seharusnya? Sebagai contoh adalah warna yang tampil pada monitor komputer. Diakibatkan terdapat jenis layar yang berbeda-beda sehingga itu berpengaruh terhadap hasil warna yang ditampilkan.

Mungkin jika layar terlalu cerah, itu masih bisa diakali dengan suatu program, tapi berbeda jika layar agak kuning. Tentunya ini kurang nyaman untuk digunakan oleh beberapa orang, salah satunya adalah desainer, sebab tak bisa melihat hasil warna dengan benar. Jadi ketika melihat warna putih, seolah itu tidak benar-benar putih.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar kuning tersebut, dan ini tidak membutuhkan program tambahan. dan hanya perlu menyetel langsung dari pengaturan di Windows. Silakan lakukan mulai dari cara yang pertama.

Baca juga: Cara Mengatur Kontras Saturasi Layar di Laptop

1. Mematikan Fitur Night Light pada Windows

Siapa tahu kamu tidak sadar telah mengaktifkan fitur Night Light sehingga layar menjadi agak kuning atau bahkan sangat kuning meski sudah di-restart berkali-kali. Dan tentunya fitur tersebut masih dapat dimatikan melalui pengaturan.

Caranya sangat mudah, cukup klik kanan pada desktop dan kemudian pilih menu Display Settings. Lalu pada opsi Night Light, silakan matikan seperti biasa. Dan saat itu juga layar akan berubah menjadi putih kembali.

Mematikan Fitur Night Light pada Windows

2. Mematikan Fitur Blue Light Shield (Jika Ada)

Ketahui sebelumnya bahwa fitur Blue Light Shield pada dasarnya tidak sediakan langsung oleh Windows, namun di beberapa laptop telah terpasang program yang dapat mengatur fitur tersebut. Salah satunya adalah di laptop Acer yang bisa diaktifkan melalui program bernama Quick Access

Dengan menonaktifkan fitur Blue Light Shield, pasti layar akan langsung kembali normal. Ini hampir sama layaknya Night Light, hanya saja kali ini diatur melalui suatu program dan tidak langsung dari Windows.

Mematikan Fitur Blue Light Shield

3. Memperbarui Driver Grafis

Cobalah untuk mengecek pembaruan terhadap driver grafis saat ini. Jika memang ada, silakan langsung untuk diperbarui. Biasanya dengan memperbarui driver akan dapat menyelesaikan masalah sebelumnya.

Jangan lupa untuk menyetel ulang pengaturan warna pada setelan grafis, karena memungkinkan sebelumnya melakukan kekliruan ketika mengatur semacam Hue atau Saturation pada setelan tersebut.

4. Melakukan Kalibrasi Warna

Windows menyediakan fitur untuk melakukan kalibrasi manual terhadap warna. Disini kamu bisa mengatur warna sesuai yang kamu harapkan, baik itu dari kecerahan, kontras, dan lain sebagainya. Itu bisa dilakukan cepat dan mudah.

Cukup klik tombol Search dan ketik Calibrate Display Color. Lalu tekan ENTER dan ikuti petunjuknya hingga selesai. Disana kamu hanya akan diminta untuk memilih suatu gambar paling terbaik sesuai pandangan, jadi secara keseluruhan in akan aman.

Melakukan Kalibrasi Warna

5. Mengatur pada Color Management

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar kuning adalah mengatur secara manual pada Color Management. Namun gunakan cara ini apabila tidak ada satu cara pun yang berhasil dari ke-empat diatas.

Untuk melakukannya, silakan klik Search lalu ketik Color Management dan ENTER. Kemudian centang pada opsi Use my setting for this device, dilanjutkan menekan tombol Add dan pada bagian ICC Profiles, pilih sebagai sRGB IEC….

Mengatur pada Color Management

Selesai, untuk memastikan lagi bahwa itu telah diatur dengan benar, silakan untuk me-restart. Pada banyak komputer dan laptop cara ini berhasil dan bisa menghilangkan efek kuning pada layar. Tak ada salahnya untuk dicoba, lagipula ini juga tidak beresiko.

Baca juga: Cara Mengatur Kecerahan Layar pada Semua HP Android


Sudahkah kamu menemukan cara mana yang bisa mengatasi masalah layar kuning? Sebenarnya layar kuning itu bagus untuk mata ketimbang layar biru karena tidak menimbulkan efek kantuk ketika menggunakan komputer pada jangka waktu lama. Intinya cocok untuk para gamers, tapi tidak cocok untuk seseorang yang mendesain sesuatu, karena hasilnya ketik di-print akan berbeda.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment