≡ Menu

Cara Menjalankan Perintah CMD Secara Bersamaan

Cara Menjalankan Perintah CMD Secara Bersamaan pada Windows

Banyak hal yang bisa dilakukan melalui CMD pada Windows. Ini nyaris sama seperti Terminal yang ada di operasi sistem Linux, hanya saja fungsionalnya terbatas. Sampai sekarang ini CMD masih diperlukan untuk beberapa hal, salah satunya untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat.

Ada kalanya kamu ingin menjalankan beberapa perintah sekaligus pada CMD, dan jika kebanyakan orang mungkin mereka akan membuka banyak jendela CMD untuk menjalankan banyak perintah yang dimiliki.

Namun pada dasarnya ada cara yang lebih mudah untuk menjalankan banyak perintah di CMD hanya dengan satu baris kode saja. Sehingga kamu tak perlu lagi membuka banyak jendela CMD dan menulis perintah satu-per-satu, karena semua perintah yang dimiliki bisa langsung dijalankan pada satu jendela CMD.

Baca juga: Cara Mengatasi CMD (Command Prompt) Hilang di Windows 7

Tutorial Menjalankan Banyak Perintah CMD Secara Bersamaan

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan, hanya saja disini akan dijelaskan cara paling sederhana dan efektif yang mana tidak akan mempengaruhi terhadap perintah yang ingin dijalankan. Dan yang diperlukan hanyalah menambah suatu simbol pada perintahnya.

Contoh sederhananya, kamu ingin menjalankan perintah PING seperti ini:

ping 8.8.8.8

Dan kemudian kamu ingin menambahkannya perintah PING lain, sehingga yang perlu dilakukan hanyalah menambah kode & seperti ini:

ping 8.8.8.8 & ping 1.1.1.1

Sederhana sekali kan? Tak hanya satu perintah saja yang bisa ditambahkan, tapi banyak perintah sekaligus juga bisa. Dan sistem akan menjalankan perintah paling awal terlebih dahulu, dan kemudian melanjutkan hingga akhir.

Adapun dua opsi lain untuk menjalankan banyak perintah pada CMD, silakan pilih sesuai kebutuhan:

  • Perintah1 && Perintah2 – Menjalankan Perintah2 apabila Perintah1 BERHASIL dieksekusi.
  • Perintah1 || Perintah2 – Menjalankan Perintah2 apabila Perintah1 GAGAL dieksekusi.

Baca juga: Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk pada Komputer

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ada total 3 opsi yang bisa dipilih untuk menjalankan banyak perintah sekaligus pada CMD. Sementara itu juga terdapat cara lain, yakni menggunakan kode batch untuk membuka banyak perintah CMD. Dan tata cara tersebut akan dibagikan di lain waktu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment