≡ Menu

Mengatasi Situs Web yang Dialihkan ke Halaman Mercusuar

Cara Mengatasi Situs Web yang Dialihkan ke Halaman Mercusuar

Jika pengguna mencoba mengakses situs web tapi dialihkan ke halaman Mercusuar, itu tandanya sistem dari ISP yang digunakan saat ini menganalisa bahwa situs yang akan dituju tidak pernah ada. Dengan kata lain situs tersebut sudah dihapus atau mungkin juga pengguna yang salah menuliskan URL dengan benar.

Bagi para pemilik website, hal tersebut akan menjadi masalah baru apabila tak dapat mengakses situsnya sendiri. Atau barangkali terdapat halaman yang diloncatkan ke Mercusuar padahal kondisi website dalam keadaan aktif. Dan secara teknis, Mercusuar ini biasanya hanya hadir pada koneksi dari Telkom (misalnya Telkomsel, Indihome, dan @wifi.id).

Artikel ini akan memberikan sedikit penjelasan untuk mengatasi halaman yang dialihkan ke Mercusuar dan sangat cocok untuk para pemilik website. Tapi apabila pengguna adalah seorang pengunjung website, silakan langsung menuju cara paling terakhir dari artikel ini.

Baca juga: Kode Javascript Redirect Perangkat Ponsel ke Tampilan Seluler

Memeriksa Domain dan Server Website

Yang terpenting dari segalanya adalah mengecek domain tersebut. Mengetahui apakah masih aktif atau barangkali pengguna lupa belum me-renew sehingga domain tersebut sudah kadaluarsa dan tidak dapat dipakai lagi.

Apabila domain masih aktif, bisa jadi server dari website tersebut sedang down atau bermasalah hanya untuk sebagian ISP. Bisa jadi terdapat pemblokiran otomatis pada sistem atau lain-lain. Dan sebagai saran sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan customer service dari layanan server.

Dialihkan ke Mercusuar Hanya pada Halaman Error Saja

Terkadang masalah sejenis ini terjadi hanya ketika para pemilik website belum pernah membuat halaman error (kode 404) sehingga setiap kali mengunjungi halaman yang tidak pernah ada, akan langsung diloncatkan ke Mercusuar.

Solusinya sangatlah mudah, silakan buat halaman error 404 pada websitenya. Dan cara tersebut sudah pernah dijelaskan pada artikel berjudul Cara Membuat Halaman 404 pada Website.

Menghapus Cache pada Browser

Cache adalah sistem yang akan menyimpan suatu berkas kedalam bentuk statis yang akan dimuat apabila pengguna mengunjunginya/mengeksekusinya. Jadi apabila pengguna pernah mengunjungi situs web dan terindikasi error atau dialihkan ke Mercusuar, bisa jadi selamanya akan seperti itu.

Kecuali jika pengguna menghapus cache terlebih dahulu, maka sistem tidak akan mengikuti cache yang lama dan membuat yang baru. Ini tidak termasuk cookies, karena yang perlu dihapus hanyalah sebatas cache saja.

KHUSUS PENGUNJUNG: Manfaatkan Fitur Cache dari Google

Cara terakhir ini sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin mengakses suatu web tapi tidak bisa. Bukan hanya dialihkan saja, tapi apabila situs tersebut benar-benar tidak bisa diaksespun pengguna dapat menerapkan cara ini.

Menggunakan fitur Cache di Google

Silakan ke Google dan menuliskan URL situs yang akan diakses. Kemudian klik pada opsi kecil yang ada disamping URL dan pilih opsi Cached. Setelah itu pengguna akan dibawa ke-halaman baru dan bisa melihat isi dari dalam situsnya.

Baca juga: Cara Mengecek Cache Website Menurut Google

Namun cara ini ada batasannya, karena Google biasanya hanya menyimpan cache pada suatu web dalam jangka dekat dan apabila website tersebut sudah tidak aktif dalam jangka lama, biasanya cara ini tidak bisa digunakan lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment