≡ Menu

Menghilangkan Iklan Indihome pada Windows

Tahukah kamu jika Indihome melakukan inject pada berbagai website untuk menampilkan iklan tertentu? Mungkin bagi beberapa pelanggan Indihome itu adalah aktivitas yang nakal, mengingat mereka telah membayar perbulan, namun masih saja dipasang iklan tambahan.

Iklan tersebut biasanya muncul dibagian atas atau bawah website, semacam popup namun tidak menganggu. Tapi jika terus melihatnya saat mengunjungi website, pastilah kenyamanan saat berselancar di internet akan terganggu.

Sehingga satu-satunya pilihan yang tepat adalah menghilangkan iklan tersebut dari pandangan, dan itu merupakan hak pengguna alias tidak melanggar ketentuan apapun. Dan tutorial ini akan membagikan tutorial menghilangkan iklan Indihome sepenuhnya di komputer atau laptop Windows.

Cara Menghilangkan Iklan Indihome di Komputer Windows

Cara paling termudah adalah memasang ekstensi AD Block, akan tetapi kadang iklan Indihome masih muncul karena tidak semua host terblokir. Dan cara paling ampuh adalah memblokir seluruh host iklan Indihome tersebut di komputer. Silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Buka Explorer dan menuju C:\Windows\System32\drivers\etc.
  2. Buka file Hosts dengan Notepad atau Notepad++.

    Buka File Host

  3. Tambahkan kode dibawah ini pada baris paling akhir.

    0.0.0.0 cfs.uzone.id
    0.0.0.0 cfs2.uzone.id
    0.0.0.0 u-ad.info
    0.0.0.0 cfs.u-ad.info
    0.0.0.0 cfs2.uadexchange.com
    0.0.0.0 p01.notifa.info

    Menghilangkan Iklan Indihome Sepenuhnya

  4. Setelah itu simpan file Host. Dan apabila muncul peringatan untuk menjalankan Notepad sebagai Administrator, pilih saja Yes.

    Cara Hilangkan Iklan Indihome di Windows

Sekarang cobalah mengunjungi suatu website, pasti iklannya takkan muncul lagi pada layar. Jika kamu kesulitan untuk mengetik kode pada tutorial diatas, silakan salin semua kode diatas melalui Pastebin.

Memastikan Iklan Indihome Hilang Sepenuhnya

Walau untuk memastikan bisa dilihat hanya dari hilangnya iklan, tapi jika kamu belum yakin sepenuhnya, itu sebenarnya bisa dilihat melalui browser. Silakan buka browser dan kunjungi suatu situs web.

Kemudian tekan CTRL+SHIFT+I pada keyboard untuk menuju developer tools. Silakan menuju bagian Network dan setelah itu klik F5 untuk me-refresh halaman. Tunggu sampai website termuat dan cari salah satu host iklan yang diblokir tadi.

Jika muncul warna merah, berarti kamu berhasil menghilangkan iklan tersebut. Karena warna merah berarti akses ke URL tersebut dibatasi atau dengan kata lain, gagal mengakses host tersebut sehingga tidak ada iklan yang dikeluarkan. Berikut ini gambaran contohnya.

Memastikan Iklan Indihome Berhasil Dihilangkan

Baca juga: Cara Membatasi Maksimal Pengguna WiFi Indihome

Kesimpulan

Tutorial diatas mengajarkan tata cara menghilangkan iklan Indihome dengan cara memblokir beberapa host yang biasa digunakan untuk menampilkan iklan. Itu juga termasuk iklan yang muncul pada situs web Mercusuar.

Jadi fungsionalnya, host yang ada pada daftar diatas akan dialihkan ke alamat IP 0.0.0.0 yang mana itu adalah IP lokal yang takkan dapat diakses oleh jaringan kamu. Cara diatas tidak memiliki resiko selama kamu melakukannya dengan benar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment