≡ Menu

Cara Memperkecil PING Ketika Bermain Game Online

Cara Memperkecil PING Ketika Bermain Game Online

Bisakah setiap orang memperkecil ping dari koneksi internet mereka? Sulit untuk menjawab iya atau tidak karena ping tersebut sebenarnya didapatkan dari jarak yang dituju. Bagi sebagian orang mungkin masih kebingungan terhadap apa itu ping ini. Dan sederhananya begini, jika pengguna pernah mengetes kecepatan internet dengan bantuan situs pasti akan mendapati fitur untuk memilih server negara mana yang akan dipilih.

Nah server dari negara tersebutlah yang menjadi patokan dari tujuan internet pengguna.

Sama halnya seperti pengguna berjalan antar kota atau antar negara, bisa dilihat bahwa berjalan antar negara lebih jauh. Nah begitupula pada proses ping internet ini apabila pengguna memilih lokasi yang terdekat dari titik tempat pengguna sekarang ini, maka ping yang didapat juga kecil.

Dan sebaliknya jika memilih lokasi yang jauh maka ping yang didapatkan akan sangat besar. Lalu apa hubungannya dengan game online?

Pada game online sejenis FPS atau yang merujuk pada perhitungan secara langsung selalu membutuhkan ping kecil untuk membuat permainan berjalan dengan lancar. Jika ping tidak sampai 100ms (milisecond) maka dipastikan permainan kita akan lebih nyaman karena bisa mendapati radar musuh dengan tepat pada waktunya.

Baca juga: Cara menang bermain game Crisis Action

Apabila ping diatas 500ms atau setara setengah detik, maka ini tidak hanya membuat permainan tidak seru, tapi juga bisa kalah akibat telat melakukan tindakan di permainan tersebut.

Saya rasa sudah cukup membahas mengenai proses ping pada koneksi internet ini dan melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu memperkecil ping. Tidak ada hal yang instan untuk melakukan itu dan ini juga tergantung kecepatan internet pengguna juga.

Faktanya jika koneksi lebih cepat, maka proses ping juga sedikit lebih kecil dibanding sebelumnya.

  • Memilih Server Indonesia – Yang paling Saya utamakan dalam memainkan game online ini adalah memilih server Indonesia jika ada, apabila tidak ada silahkan memilih server Asia. Dengan memilih server Indonesia ini maka ping yang didapat tidak terlalu besar, dan kurang dari 100ms. Berbeda jika memilih server negara lain, bisa lebih dari 200ms atau 300ms dan itu hanya membawa kekalahan saja nantinya.
  • PING ke IP Gateway – Cara kedua ini terbilang manjur karena dengan melakukan ping ke IP gateway internet, selain tidak membuat koneksi dalam kondisi idle juga bisa membuat kecepatan internet stabil. Saya sendiri lebih sering menggunakan metode ini apabila memainkan game FPS. Caranya cukup membuka Command Prompt dan ketik ini dan enter.
    ping 192.168.1.1 -t

    Harap untuk mengganti IP sebagai IP Gateway dari koneksi yang dipakai pengguna saat ini.

  • Menghentikan Program Lain yang Berjalan – Tidak ada yang tahu apakah program yang berjalan tersebut sedang memakai koneksi juga atau tidak untuk mengoperasikannya. Cotohnya saja peramban dan lain-lain sehingga sekiranya koneksi hanya dipakai untuk permainan itu saja. Akan lebih bagus lagi menghentikan program yang terus tersinkron selama beberapa menit sekali. Dan biasanya untuk menghentikannya, bisa dari task manager dibagian proccess.
  • Jangan Memakai VPN – Adalah sebuah kejanggalan yang ditemukan apabila pengguna memakai VPN sambil memainkan game. Walau beberapa orang menyarankan untuk memakai VPN dari server Indonesia, akan tetapi VPN ini tetap saja bisa menambah nilai ping dibanding memakai jaringan normal. Apalagi jika memakai VPN server luar negri pasti ping yang didapat akan jauh lebih tinggi.
  • Memperbaiki Konektivitas Internet – Jika pengguna merasa koneksi yang dipakai sangat lambat, sebaiknya dilakukan diagnosa terlebih dahulu apakah masalah ini datang dari router atau justru pada PC. Misalnya terdapat program lain yang melakukan auto update. Tapi jika masalahnya ada di routernya, bisa jadi banyak yang memakai WiFinya. Sedangkan jika memakai jaringan internet seluler, kebanyakan tetap stabil dan hanya kadang-kadang saja lambat di hari tertentu dan perlu dilaporkan kepada operator.

Perhatikan pada tips bagian pertama, banyak orang salah memperhitungkan hal tersebut karena sebagian game populer tidak ada pilihan servernya. Itu karena game populer sudah memiliki fitur autodetect dan dikhususkan untuk negara tertentu.

Contohnya saja game Point Blank Indonesia, ada juga versi negara lain dan paket programnya pun juga berbeda. Sebagai contoh lainnya adalah game Crisis Action untuk ponsel android yang mana memiliki versi China juga dan di versi China tersebut tidak memakai server Indonesia.

Baca juga: Tips pintar sebelum memasang game ukuran besar di Android

Bagian ke-empat diatas adalah larangan untuk memakai VPN ketika memainkan game online. Ada penyedia VPN gratis dan berbayar, walau pengguna memakai versi berbayar pun itu tidak bisa menjamin mendapati ping kecil.

Kecuali jika server VPN itu adalah pribadi dan pengguna adalah satu-satunya yang memakai VPN tersebut, maka bisa dipastikan proses ping tidak akan terganggu dan tetap kecil seperti sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment