≡ Menu

Cara Mengatasi Sitemap Error Warning atau Pending di Search Console

Cara Mengatasi Sitemap Error Warning Atau Pending di Search Console

Semua situs web pasti memiliki Sitemap berformat XML. Hal ini digunakan untuk para mesin pencari supaya dapat melakukan crawl otomatis setiap halaman itu dengan prioritas yang ditetapkan. Pengguna yang biasanya mengatur sitemap ini baik secara manual atau otomatis pasti bisa melihat persentase dari prioritas di suatu halaman ada yang berbeda.

Misalnya halaman utama lebih dipakai tinggi, hal tersebut supaya mesin pencari selalu merayapi halaman utama secara berkala.

Berbeda balik dengan halaman artikel, kebanyakan mengatur dengan prioritas rendah dan para mesin pencari akan merayapinya setiap seminggu sekali. Walaupun begitu, memaksa mesin pencari semacam Google untuk meng-index halaman lebih dini pun juga tidak mustahil, yaitu menggunakan fitur fetching. Namun itu hanya apabila pemilik website ingin halamannya cepat ter-index ke mesin pencari.

Baca juga: Inilah Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress

Dengan adanya Sitemap, tanpa perlu melakukan fetching pun mesin pencari sudah tahu kapan mereka akan merayapi halaman itu. Kecuali jika terdapat struktur yang salah maka Sitemap akan tidak berguna sama sekali.

Selain itu hal yang membuat pemilik website sedikit khawatir adalah adanya suatu error atau warning yang terdeteksi oleh mesin pencari dan ini bukanlah hal yang wajar.

Terkadang situs bisa down kapan saja dan tidak bisa dibuka sehingga Google mengira itu adalah kesalahan, maka dari itu Google tanpa basa-basi menyebut itu sebagai warning atau error. Dan untuk mengatasi hal itu dengan cepat hanyalah dengan cara re-submit atau mengirim ulang URL sitemap ke Google supaya mereka bisa melihat apakah terdapat hal yang salah lagi atau tidak.

Pentingkah Memperbaiki Sitemap yang Mendapatkan Warning?

Secara keseluruhan, itu adalah kata yang banyak dipertanyakan oleh banyak blogger. Karena ketika mereka membuka Search Console dan mendapati pesan bahwa Sitemap memiliki warning walau itu tidak banyak atau hanya satu saja. Tentu itu sudah bisa mempengaruhi alur SERP dan harus diperbaiki secepatnya dengan cara submit ulang.

Jika tidak diperbaiki, maka URL yang tertera pada warning itu tak akan dirayapi sampai Google melakukan crawl ulang. Pengguna pasti sudah tahu apa yang akan terjadi jika suatu halaman tak dirayapi oleh Google, pasti rangking situs yang menjadi taruhannya.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mudah saja, Saya bahkan sudah mengatakannya sebagian diatas. Jadi yang harus dilakukan adalah mengecek response header situs pengguna dan melihat apakah semuanya baik-baik saja. Jika sekiranya semuanya merasa baik, pengguna cukup menuju ke Search Console dan melakukan submit ulang. Bagaimana cara untuk itu? Begini caranya

  1. Masuk ke Search Console dan gulir kebawah sampai menuju ke bagian Sitemap dan klik area tersebut.

    Cara Melakukan Submit Ulang Sitemap yang Error atau Warning

  2. Lalu akan muncul daftar sitemap yang diajukan. Pilih salah satu yang memiliki warning atau error dan setelah itu cukup menekan tombol Resubmit.

    Cara Melakukan Submit Ulang Sitemap yang Error atau Warning

  3. Selesai, dan sekarang pengguna cukup menunggu saja sampai sitemap berhasil diajukan ulang.

    Cara Melakukan Submit Ulang Sitemap yang Error atau Warning

Mengapa Sitemap Masih Pending dan Berapa Lama?

Adalah hal yang sangat normal apabila pengguna melihat bahwa Sitemap masih dalam keadaan pending. Ini bisa berlangsung maksimal 24 jam saja dan keseluruhan infromasi pada sitemap akan terdata pada Search Console sehingga tak akan ada error atau warning yang muncul lagi.

Berdasarkan pengalaman sendiri, pertama kali sitemap diajukan ulang akan mendapat 2 kali bentuk “Pending“. Yang pertama adalah pending dari sisi pengajuan, dan yang kedua adalah pending dari sisi perhitungan setiap laman yang ada.

Baca juga: Cara Lengkap Mempercepat Loading Website untuk SEO

Saya harap pengguna bisa memahami tips yang Saya bagikan diatas dan dapat menerapkannya dengan benar. Tak perlu menghapus Sitemap lagi, karena disana sudah tertera menu untuk mengajukan ulang dan segalanya akan berjalan dengan baik.

Terkadang orang kebingungan menunggu mengapa sitemap yang baru diajukan ulang masih saja pending dan pengguna bisa mengetahui alasan itu ditulisan Saya diatas tadi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Kuncoro October 27, 2017, 10:38 pm

    Terima kasih…
    Artikelnya Sangat bermanfaat…

Leave a Comment