Inilah Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress

Yoast SEO

SEO adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Ada banyak sekali trik SEO yang sudah dijabarkan dan dipraktekan dan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Ada cara mudah tapi curang, ada juga cara sulit tapi lebih bagus dipandang oleh mesin pencari. Tapi kali ini akan Saya bagikan sebuah plugin yang sangat bagus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di SERP dan dengan cara yang mudah dan aman, tentu tidak ada efek buruknya dari plugin ini, karena di-istimewakan hanya untuk mengoptimisasi mesin pencari. Plugin ini bernama Yoast SEO.

Sebelumnya plugin ini bernama WordPress SEO By Yoast, namun setelah perbaruan tahun 2015 diubah namanya lebih sedikit menjadi Yoast SEO. Plugin ini sudah lama berdiri dan terbukti akan kemampuannya yang luar biasa untuk mengoptimisasi mesin pencari. Dan fitur yang baru di tahun 2015 ini ada pada menu Search Console, yang dimana pengguna bisa melihat statistik dari Google Search Console atau Webmasters Tools. Jika diversi premiumnya, pengguna tidak hanya akan melihatnya saja, namun juga bisa memperbaiki kerusakan link 404 dan diubah menjadi 301, tapi tenang saja, fitur gratis juga memiliki fitur yang banyak, meski ada beberapa yang terlihat lebih bagus dari versi premium.

Dengan plugin Yoast SEO, kamu tidak perlu mengatur meta tag pada template, karena sudah disediakan untuk beberapa webmasters tools sejenis Google, Yahoo & Bing, Yandex. Fitur lain yang tidak ketinggalan adalah sitemap otomatis, jadi kamu tidak perlu lagi memasang plugin pembuatan sitemap, karena dengan memasang Yoas SEO saja sudah bisa memakainya tanpa harus menyetel ulang. Ada lagi fitur breadcrum, yang harus kamu lakukan hanya memasang semacam kode kecil kedalam template yang kamu gunakan saat ini dan otomatis breadcrum akan terbuat secara otomatis.

Fitur Title & Meta juga sudah disediakan untuk mengedit judul dan meta deskripsi lebih cepat, contohnya pada homepage, kategori, tags, dan lain-lain. Kamu bisa mengatur format judul dari sebelumnya dan menambah meta noindex pada tags & kategori, tentunya ini akan berfungsi supaya website tidak dianggap spam karena tags yang terindex. Dibagian menu Tool, kamu akan menemukan Bulk Editor, yang kegunaanya untuk mengedit judul dan meta tanpa harus menuju artikel satu-persatu. Ada juga File Editor untuk mengedit file yang ada hubungannya dengan SEO sejenis robots.txt dan .htaccess.

Disaat kamu membuat artikel, pasti kamu akan menemukan opsi lain untuk menambah judul dan meta, opsi tersebut berasal dari plugin Yoast SEO dan wajib untuk diisi. Selain itu kamu juga bisa menambah informasi social pada setting plugin ini, seperti URL facebook page, nama twitter, dan lain-lain, ini berfungsi untuk memberitahukan ke Google terhadapap Social Profile dari website yang dikelola saat ini. Masih ada banyak fitur lain lagi, untuk itu silahkan coba sendiri. Download plugin ini dengan menuju halaman utama plugin Yoast SEO di https://wordpress.org/plugins/wordpress-seo. Untuk menginstallnya langsung silahkan menuju dasbor dn menuju menu plugin baru dan ketikan Yoast SEO lalu klik Install.

Saya memakai plugin ini sudah lebih dari satu tahun dan mendapatkan hasil yang baik dari situs WordPress yang Saya kelola, tidak hanya pengunjung saja yang Saya dapatkan dari mesin pencari berkat plugin ini, namun kerapian halaman juga Saya dapatkan pada SERP. Yang Saya ketahui, plugin ini akan cepat diperbarui versinya jika terdapat semacam bug/kesalahan, dan semoga plugin ini akan semakin baik lagi kedepannya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

7 comments
  1. mas…saya masih kesulitan untuk mengedit plugin yoast seo ini. seperti di general,meta tag dll
    rekomendasi dong mas tutorial yang bener …makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.