≡ Menu

Software Blogging Paling Mantap Untuk PC Windows

Microsoft

Di komputer berbasis Windows, setiap blogger akan diberi kemudahan dalam menulis kontennya dan disajikan senyaman mungkin dengan interafce yang sama persis dengan keadaan blognya. Dari kategory, tags/label, dan lain-lain semuanya dapat dikerjakan dengan mudah tanpa perlu membuka situs atau halaman dashboard lagi. Mungkin ini adalah aplikasi terbaik yang diberikan secara gratis oleh Microsoft khusus untuk pengguna Windows, bahkan tidak ada yang lebih baik daripada ini. Software ini bernama Windows Live Writer. Keluaran Microsoft sejak lama dan telah digunakan banyak orang dipenjuru dunia, termasuk sebagai software blogging paling bagus dari yang lainnya.

Software ini sangat ringan tetapi memiliki fitur yang banyak, bagaimana tidak banyak, karena di Windows Live Writer mendukung banyak sekali blog builder populer yang sering dipakai oleh masyarakat. Salah satu contohnya adalah Blogspot. Software ini dapat mengintegrasikan akun Blogger sesuai domain yang dipakai dan Windows Live Writer akan mengunduh beberapa yang diperlukan seperti emoticon dan tema juga. Kenapa harus diunduh juga ? karena di Software ini, pengguna tidak diharuskan untuk tetap aktif (online) karena dengan Windows Live Writer dapat dijalankan secara offline dan hanya memerlukan koneksi ketika menerbitkan artikel.

Yang Saya sukai dari WLW (Windows Live Writer) ini juga karena mendukung WordPress Self Hosted, seperti blog yang Saya gunakan saat ini. Jadi hanya perlu memasukan domain beserta URL menuju xmlrpc, username dan password, dan secara otomatis software ini akan mengunduh bagian yang diperlukan, yaitu emoticon, tema, font, dan lain-lain. Ini adalah software yang khusus untuk orang yang hobi nge-blog dan soal fitur, tidak perlu ditanyakan lagi karena sudah lengkap seperti menulis artikel pada dashboard, bahkan ini lebih baik lagi dibanding itu. Berikut ini beberapa contoh screenshot dari Windows Live Writer.

Windows Live Writer Windows Live Writer Windows Live Writer

WLW terakhir diperbarui tahun 2012, meskipun begitu semua fitur blog yang disediakan tetap bisa dijalankan tanpa ada masalah sedikitpun. Kamu bisa menulis blog sambil melihat hasilnya secara nyata, dibawah kiri terdapat tiga input, ada Edit untuk mengedit blog dengan tema minim, ada Preview untuk melihat/mengedit langsung penampakan artikel pada blog, ada Source untuk mengedit melihat hasil artikel dalam mode HTML. Dengan ketiga pilihan itu kamu bisa melihat sebagaimana bagusnya artikel yang akan dipublish. Untuk menambah video atau gambar juga terbilang mudah karena WLW dapat langsung mengupload ke server dengan mudah tanpa ribet add media lagi. Untuk mengunduh Windows Live Writer silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Link diatas menuju situs official Windows Live, silahkan unduh setupnya dan saat membukanya akan diberikan semua paket dari Windows Live dan silahkan pilih yang Live Writer dan download akan dimulai. Jika kamu mempunyai blog WordPress, Blogspot, SharePoint, TypePad, dll, jangan pikir-pikir lagi, segera pakai Windows Live Writer dan rasakan hal yang berbeda dari cara membuat artikel yaang baru. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Kasamago May 27, 2016, 4:46 pm

    Tinggal masalah konekin ke blog self hosting gan.. failed trus

  • Muviza July 9, 2015, 10:40 pm

    thx softwarenya gan

Leave a Comment