Cara Membuat Proxy Server Publik di Android

Cara Membuat Proxy Server Publik di Android

Pernah kepikiran untuk membuat proxy server publik hanya bermodalkan ponsel Android saja? Ini bisa dipakai untuk membuat proxy rotasi ISP Mobile, dan bagian terbaiknya adalah gratis tanpa mengeluarkan modal sekalipun.

Rata-rata proxy ISP mobile dibanderol dengan harga $1 per GB, tapi dengan membuat proxy sendiri, tentunya ini dapat menghemat kantong untuk mengerjakan projek tertentu, entah itu untuk keperluan scrapping, pembukaan situs yang diblokir, dan lain-lain. Penasaran bagaimana cara membuatnya? simak terus artikel ini untuk mengetahuinya.

Tutorial Membuat Proxy Server Publik di Android

Jika membuat proxy server lokal mungkin sudah terlalu mainstream, tapi bagaimana jika proxy server yang dibuat dapat diakses secara publik di internet namun tetap bersifat pribadi? Hal ini yang paling banyak dicari-cari karena layanan semacam ini biasanya berbayar dan tidak gratis.

Tutorial yang akan saya bagikan ini menggunakan layanan bernama LocalToNet. Mereka menyediakan aplikasi untuk Android yang berfungsi sebagai server, nantinya kontrol sepenuhnya ada di website LocalToNet itu sendiri.

Berikut ini tata cara menggunakannya:

1. Daftar di Situs Web LocalToNet

Pertama-tama silakan daftarkan akun di website LocalToNet. Setelah itu verifikasi email dan salin Auth Token pada akunnya. Token tersebut berfungsi untuk proses autentikasi di Android nantinya, atau istilahnya nyaris sama seperti password.

2. Download Aplikasi LocalToNet

Siapkan ponsel yang ingin dijadikan server proxy dan silakan pasang aplikasi LocalToNet melalui Play Store. Setelah terpasang, silakan buka dan masukkan Auth Token yang sudah disalin tadi.

Aplikasi Localtonet di Android

Ketika proses masuk sudah berhasil, tunggu sampai statusnya Connected. Jika statusnya demikian, itu tandanya ponsel sudah siap menyalurkan koneksi melalui LocalToNet. Tahap selanjutnya adalah pembuata proxynya saja.

3. Membuat Proxy (HTTP atau SOCKS5)

LocalToNet menyediakan dua jenis proxy yang dapat dipilih sesuai yang diharapakan. Namun saya lebih menyarankan untuk menggunakan SOCKS5 karena mendukung protokol UDP (bisa digunakan untuk game).

Caranya, silakan masuk ke Dasbor LocalToNet di website. Kemudian menuju menu My Tunnels > Proxy Server. Pada Proxy Type silakan pilih SOCKS5, kemudian pada Server silakan pilih Singapore. Dan tahap terakhir klik tombol Create.

Membuat Proxy Server di Localtonet

Kini proxy akan dibuat, dan silakan salin Host beserta Port yang tertera di sana. Itu adalah proxy yang dapat digunakan pada client nantinya. Kamu juga bisa mengatur autentikasi berbentuk username atau password apabila itu yang diinginkan.

Baca juga: Cara Menjadikan SSH Sebagai SOCKS Proxy

Kesimpulan

LocalToNet menyediakan akses gratis untuk membuat proxy server dengan mudah. Tapi ketahui pula bahwa terdapat batasan untuk akun gratis, seperti pembatasan bandwith maksimal 1 GB, total tunnel yang diperbolehkan, dan lain-lain.

Pastinya untuk pengerjaan proyek pribadi itu sudah cukup. Berbeda jika kamu membutuhkan akses lebih tinggi dari batasan itu, maka silakan untuk berlangganan paket premium sesuai yang disediakan di sana.

Cukup sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini, jika kamu memiliki pertanyaan terkait tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *