≡ Menu

Cara Mengetes Proxy HTTP dan SOCKS dengan Mudah

Proxy tak hanya dipakai melindungi privasi di internet, disisi lain proxy memiliki banyak kegunaan, seperti untuk data mining, ad verification, testing website, dan bahkan untuk SEO. Hingga saat ini banyak sekali layanan website yang menyediakan proxy berkualitas sesuai kebutuhan.

Saat ini ada dua jenis proxy yang biasa digunakan, yaitu HTTP dan SOCKS. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan untuk menggunakannya pun sangatlah mudah, karena terbantu dengan alat untuk mengatur proxy.

Di internet juga banyak sekali situs web yang menyediakan proxy gratis setiap menitnya. Namun tidak semua itu bisa digunakan, karena terdapat beberapa yang tidak hidup. Maka dari itu, sebelum menggunakannya, alangkah lebih baiknya untuk mengecek atau mengetes terlebih dahulu.

Mengecek Proxy HTTP atau SOCKS

Ada beberapa cara untuk mengecek proxy, dan disini akan saya bagikan dua cara yang paling termudah untuk dilakukan. Dengan begitu kamu tidak akan membuang-buang waktu hanya untuk mengetahui proxy tersebut hidup atau tidak.

1. Menggunakan Situs Proxy Checker

Apabila mencari di Google dengan kata kunci “proxy checker” pasti akan ada banyak sekali website yang menyediakan fitur tersebut. Contohnya seperti di situs Hidemyname. Pada website tersebut kamu bisa menuliskan banyak proxy dan port sekaligus untuk mengetahui hasilnya.

Mengunakan Situs Proxy Checker

Proses untuk pengecekan tergantung dari banyaknya proxy yang kamu tuliskan. Jika terlalu banyak, pasti prosesnya akan memakan waktu sedikit lama. Mereka juga menyediakan opsi premium untuk melakukan cek lebih cepat dengan dukungan multi-threading.

2. Memakai Program ProxyChecker

Hampir sama seperti diatas, dimana terdapat banyak sekali program untuk mengecek proxy. Tapi tidak dari semua itu aman untuk digunakan, mengingat itu diunduh dari sumber yang kurang terpercaya.

Tapi disini saya sangat menyarankan untuk menggunakan program bernama ProxyChecker yang terbukti aman dan tersedia open source di Github. Program ini juga tersedia untuk banyak varian OS, termasuk Windows.

Memakai Program ProxyChecker

Kamu bisa mengunduh programnya melalui situs Github. Bahkan kamu juga bisa melakukan compile manual sesuai intruksi yang dijelaskan disana.

Cara penggunaan dari program tersebut tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengumpulkan daftar proxy pada file TXT dan kemudian masukkan pada programnya dan jalankan. Nantinya proses pengecekkan akan berjalan dan kamu hanya perlu menunggu sampai loadingnya selesai.

Baca juga: Cara Membuat SOCKS5 Proxy di VPS Ubuntu

Kesimpulan

Dua cara diatas merupakan cara tercepat untuk mengecek atau mengetes banyak proxy dengan cepat. Jadi dibanding mengetes langsung di browser yang tak tahu apakah proxy tersebut hidup atau tidak, justru menggunakan alat pengecek proxy akan lebih effisien dan tidak membuang-buang waktu.

Jika kamu memiliki cara lain untuk mengecek proxy dengan cepat, atau barangkali kamu memiliki pertanyaan mengenai cara diatas, silakan tuliskan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap